Sedikit Tentang Palangkaraya

Saya juga merasa aneh, kenapa saya harus buat artikel tentang kota Palangkaraya? lahir juga bukan disana, tinggal? ya paling lama 2 minggu waktu liburan kelulusan SMA kemarin. Yang membuat saya lumayan sering datang kesini karena ada orang tua saya disini (NB : saya bukan orang kalimantan).

Lambang Kota Palangkaraya

Palangkaraya, ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah (kalau gak tahu dimana, buka itu atlas). Kota ini memiliki luas wilayah 2678,51 km² dan berpenduduk sebanyak 168.449 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 62,89 jiwa tiap km² (sensus 2003). Penduduk sini beretnis Dayak, Banjar, Jawa, Tionghoa, dll. Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Konon katanya, Bung Karno berencana memindahkan ibukota pemerintahan Indonesia ke sini loh karena Palangka Raya merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia dan tata kotanya lebih baik dari Jakarta. Tapi sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk hutan lindung, Konservasi Alam, serta Taman Nasional Bukit Tangkiling. Yang lebih unik lagi, sebagian besar tanah di kota ini berupa pasir putih, padahal jauh dari laut. Sumber tulisan dari wikipedia, klik di sini.

Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan

klik untuk memperbesar

Sejak tahun 2001, Palangkaraya mempunyai jembatan megah yang menghubungkan kota Palangkaraya dengan seberang sungai Kahayan, jangan kira sungai ini sembarang sungai yang sering kita lihat di Pulau Jawa. Sungai ini lebar sekali. Tidak kalah lebar dengan Sungai Barito di Banjarmasin yang lebarnya aja cukup untuk lalu lalang kapal laut besar. Jembatan ini mempunyai warna orange (atau merah??) dengan desain melengkung berkonstruksi baja yang berasal dari Australia (kirain dari Krakatau Steel, hehe).

Hal lain yang menurut saya unik dari kota ini adalah BUNDARANNYA. kalau dihitung-hitung, ada 4 bundaran di kota ini. tapi saya hanya foto 3 dari 4 yang ada. karena 3 bundaran itu saling berhubungan. Jika kita datang dari kota Banjarmasin hendak meneruskan perjalanan ke arah barat dari kota, kita akan melewati Bundaran Burung, kemudian Bundaran Kecil, lalu Bundaran Besar. Mengenai nama, saya kurang tahu asalnya dari mana. Setahu saya nama-nama itu berasal dari keadaan dari masing-masing Bundaran itu. Bundaran Burung karena ada patung Burung Tinggang (burung khas Kalimantan Tengah), dinamai Bundaran Kecil karena ada yang Besar. hehehe. Untuk ukurannya, Bundaran Kecil dan Bundaran Burung sepertinya hampir sama. Tetapi untuk Bundaran Besar, gak kalah besar lah dengan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta sana. Cuman bedanya, Bundaran HI ada patung selamat datang dan Bundaran Besar Palangkaraya adanya Patung Tentara (gak tahu apa namanya, ada yang tahu?). Bundaran Besar ini merupakan pusat kota, tiap minggu pagi banyak yang jogging. Apa ada yang mau jogging di Bundaran HI? ya kalau jalan gak ditutup, mana ada yang mau, ntar saingan ama Metro Mini, Kopaja, Mayasari, dll.

Bundaran Burung

Bundaran Burung

Bundaran Kecil

Bundaran Kecil

Bundaran Besar

Bundaran Besar

klik gambar untuk memperbesar

Sekedar informasi, selama saya liburan disini, suhu di kota ini JAUH LEBIH PANAS daripada Bandung. ya iyalah!!

foto – foto lainnya :

Tugu Soekarno

Tugu Soekarno

Gedung DPRD

Gedung Wakil Rakyat (atau Wakil Partai??)

Jalan Akses ke Bandara Tjilik Riwut

Jalan Menuju Bandara Tjilik Riwut

Jalan-jalan di Palangkaraya

Kondisi Jalanan di Palangkaraya (sepiii)

Satu pemikiran pada “Sedikit Tentang Palangkaraya

  1. bisa tolongin gw g ? gw pnya sdr angkat yg bek hati namanya Guswan Isaskar anak kalimantan udh 10 taon gitu gw kehilangan jejaknya, please bwt lu2 yg mengetahuina hub gw y…. shepen_zie24@yahoo.com taw 081268674436, mksh

  2. pd bln juli sampai oktober 1999, saya ada di palangkaraya.Kotanya emang panas, tapi pemandangannya indah, jalanan lebar dgn 2 jalur. Aku kangen sekali ingin ke Palangka…tp kesibukan selalu membatasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s