Huruf Keriting, Ejaan Aneh

aQ dilAhIrKan di kOta JaKarTa.

jAcharta

SaiiAnK SaNgaDh

My FiRst LupH

Aq biasa dipanggil imoetz, bawelz

SbUK ap dirIMU

Wkwkwkwk.

pEndiEm tP dOyan mAm n nG’miL

dan lain-lain lah

pasti yang menjadi anggota situs pertemanan (macam FS, Hi5, dll) pernah nemuin seorang user lain yang ngetik halaman profileny dengan huruf keriting + ejaan aneh.

saya juga kurang ngerti apa tujuan mereka nulis seperti itu, apa sekedar iseng, lagi banyak waktu ngetik, nunjukkin ekspresi dari kata-katanya, atau sok imut, atau apalah. yang jelas menurut saya sendiri, ngetik dengan ejaan seperti itu lebih banyak ruginya dibandingkan untungnya.

  1. Waktu yang dipakai kurang efisien (alias buang-buang waktu), bayangkan, mengetik dengan ejaan seperti itu membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengetik ejaan secara normal. Karena waktu yang dipakai kurang efisien, tentu jam produktif orang yang mengetik seperti itu akan sia-sia. apalagi jika dilakukan di tempat umum seperti warnet, hoho tentu akan memperlama  dan mempermahal billing kita.
  2. Mempersulit orang lain untuk membaca, karena komposisi huruf yang berantakan, ejaan yang “aneh” plus “nyeleneh”, sehingga orang yang kurang biasa (seperti saya) akan kesulitan dalam memahami dan membaca tulisan seperti itu. Lagi-lagi waktu terbuang untuk membaca tulisan dengan bentuk seperti itu. Biasanya saya hampir tidak pernah membaca tulisan tsb. mending liat foto orang tsb, langsung tutup deh.
  3. Membuat orang lain kesulitan dalam mencari informasi yg benar, ini sering saya alami sendiri, saya ikut-ikutan FS karena ingin menyambung lagi tali pertemanan dengan teman-teman lama (teman SD, SMP, SMA), tentu saya search mereka dengan nama kota, sekolah, atau nama yang bersangkutan. tetapi jika teman saya itu memakai ejaan dan huruf yang berantakan seperti yg diatas, tentu saya akan sangat kesulitan dalam mencari halaman profile mereka. contoh, saya ingin mencari alumnus SMP 1 Sampit, tetapi hasil search saya kurang maksimal (hanya sedikit), padahal saya yakin, pasti banyak alumnus SMP 1 Sampit di FS. Soalnya orang yg bersangkutan menulis Sampit dengan Zhampiet, Zamphiet, Sam-Pit, dll. huh, makanya saya mending pakai Facebook aja.
  4. dll

ya sudah, ini hanya buat bahan renungan aja (terserah kalian lah, mau pakai komposisi huruf seperti apa), yang jelas saya udah alergi dengan yang seperti ini.



2 pemikiran pada “Huruf Keriting, Ejaan Aneh

  1. waduh om, saya lulusan 2005😀

    dan di kota Sampit, hanya 3 tahun saja (pas SMP aja), jd saya kurang tahu banyak ttg angkatan2 sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s