Field Report, Konser Keluarga Paduan Angklung ITB (KPA-ITB)

KPA-ITB

Awalnya sempat ragu mau nonton acara gini, tapi setelah ingat KPA tampil waktu INKM 2008 kemarin, malah pengen nonton. Acaranya tanggal 6 Desember 2008, jam 19:19 (jamnya ga bulet). Tempat di Aula Barat ITB, gedung tertua di kampus yang juga tua.

Saya datang jam 18:30, parkir di Seni Rupa, rupanya sudah banyak yang datang tapi masih berupa antrian karena panitia masih menutup pintu utama Aula Barat.

Konser ini bertema “Angklung, Around the World”. lagu-lagu dari seluruh benua yang ada di dunia dibawakan dengan instrumen musik angklung, alat musik asli Indonesia (kalau ada negara lain yang ngaku-ngaku, coba suruh mereka main!)

Lagu pertama dan pembuka, “Departure” karya Naoki Sato. Ga nyangka bambu bisa ngikutin alunan suara violin (di lagu aslinya). Applause deh buat KPA-ITB. Around the Worldnya dimulai dari Benua Asia, disitu ada lagu original soundtrack Kungfu Panda, lagu tradisional Mongolia, dan Arabian Night.

Setelah ada jeda 15 menit (ya mungkin teman-teman KPA mau pijit tangan sebentar). Perjalanan dilanjutkan ke Benua Afrika, lagu original soundtrack film Lion King, jadi ingat dulu nonton Lion King di bioskop waktu masih TK.

Dari Benua Afrika, KPA melanjutkan perjalanannya ke Benua Eropa, disini ada lagu dari Italia (O Solemio), dari Spanyol, Irlandia, Austria, dan terakhir yang menurut saya terbaik dari semua yang dibawakan, LAGU MEDLEY THE BEATLES dari Inggris. KPA-ITB membawakan lagu the Bealtes secara medley mulai dari Yesterday, Let it Be, sampai I Wanna Hold Your Hand dengan ANGKLUNG!!.

Top Gan!!

Lanjut ke Amerika!, ada lagu “New York”, plus Let’s Get Loud nya Jennifer Lopez. Bener-bener dah, KPA-ITB kerennya keterlaluan!

Setelah keliling dunia, kita balik lagi ke Indonesia. KPA-ITB membawakan lagu-lagu daerah dari timur ke barat. Mulai dari Yamko-Rambe-Yamko sampai Sinanggar Tulo, dan terakhir, lagu Tanah Air.

Disisi sebelah kanan dan kiri panggung utama ada layar putih untuk proyektor, seandainya saja panitia membuat semacam animasi dari kelima Benua yang mereka bawakan lagu-lagunya. Sehingga suasana “Around The World” nya lebih terasa. Tapi untuk keseluruhan, TOP Gan!!

Saya nonton sendirian! tanpa teman, jadi selama konser berlangsung, cuma nikmatin tanpa ngobrol ama orang lain.

6 pemikiran pada “Field Report, Konser Keluarga Paduan Angklung ITB (KPA-ITB)

  1. @diah:
    konser lainnya ada..tapi 2 tahun lagi..tahun depan insya Allah kami bakal ikut festival paduan angklung..insya Allah sama kerennya kok..hehe..

    eh,adrian
    numpang bales komennya yahh..
    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s