Jakarta Banjir (lagi, lagi, dan bakalan lagi)

Judul diatas bukannlah sebuah bentuk keputusasaan saya terhadap problem yang selalu dilalui oleh kota Jakarta ini, melainkan suatu bentuk dukungan saya untuk warga jakarta supaya mereka dapat mencegah banjir yang selalu dialami tiap tahun ini. Jika dilihat sebab dari terjadinya banjir, hal yang paling mudah kita simpulkan adalah air banjir itu sebagian besar kiriman dari kota Bogor. Tetapi apa yang terjadi jika air kiriman itu tidak sanggup ditampung oleh kota Jakarta, ya jadinya seperti yang terjadi saat ini, banjir.

foto dari Kompas.com

Kesiapan Jakarta untuk menerima air kiriman saat ini dinilai masih payah, warganya yang gemar membuang sampah sembarangan (ini termasuk memalukan untukĀ  ukuran warga kota metropolitan), tinggal dibantaran kali, membangun gedung pencakar langit dengan tidak terencana secara baik, dan banyak hal lain yang membuat Jakarta tidak siap dengan air kiriman tadi. Sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan langkah nyata dari pemerintah kota Jakarta. Jika ditemukan ketidakseragaman antara kemauan pemerintah dan warganya, itu termasuk aneh sekali. Mengapa? karena gubernur yang baru ini adalah pilihan dari warga Jakarta secara langsung. Tentu saja gubernur yang ahli “tata kota” menang karena warga Jakarta yang memilih, dari koalisi berbagai partai lagi, tuh, kurang apalagi, mengapa sering terjadi kasus warga Jakarta tidak mendukung program kerja pemerintah.

Dalam keadaan mendesak seperti ini, memang hal yang mubazir jika kita isi dengan mencari kambing hitam. Mengatasi banjir tidak semudah dengan hanya membersihkan sampah yang sekali sapu langsung bersih. Perlu perencanaan yang matang. Jangan sepenuhnya menyerahkan hal ini kepada ahli “tata kota” kita ini.

Saya sendiri terus terang, pergi ke Jakarta hanya kalau ada perlu saja. Dan kota ini bukan tujuan liburan saya meskipun banyak taman hiburan ada disana. Tujuan liburan sendiri adalah mengendurkan otot yang tegang karena rutinitas sehari-hari, namun apa yang terjadi di sana membuat otot-otot saya tadi menjadi semakin tegang. haha. Tentu saja tidak memenuhi aspek tujuan dari liburan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s