Masakan Padang

Masakan Padang, siapa yang tidak kenal sama makanan yang sudah menjadi fenomena di Indonesia ini. Sebenarnya makanan ini tidak semua berasal dari kota Padang Sumatera Barat. Ada khusus restoran yang isinya masakan Padang, biasanya disebut rumah makan Padang. RUmah makan Padang juga dikelola per keluarga atau minimal dari orang-orang yang memiliki kampung yang sama di Sumatera Barat sana. Biasanya pelayan rumah makan Padang adalah pria, hal ini disebabkan tingginya kedudukan wanita di adat Minang. Yang menarik dari pelayan rumah makan Padang adalah mereka mampu membawa banyak piring hanya dengan sebelah tangan saja,belajar dari mana ya? bahkan di Indonesia ada Ikatan Warung Padang Indonesia (IWAPIN)

masakan padang

Bagaimana dengan menunya? rendang, soto Padang, gulai kepala kakap, sambal balado dan lain lagi. Mengenai ayam pop, dari sumber yang saya baca itu bukan asli Padang, cuma kreasi dari RM Simpang Raya yang ada di Puncak. Masakan Padang di dominasi oleh santan yang kental, serta bumbu yang pedas. Jadi yang tidak suka pedas, hati-hati aja ketika memesan masakan Padang. Saya sendiri yang tergolong aneh, saya tidak suka makanan pedas tapi masakan Padang yang pedas itu jadi anomali tersendiri. Saya menyukainya. haha, entah mengapa tidak tahu.

Karena hampir sebagian besar masakan Padang berupa santan kental dan pedas, beberapa orang mengatakan bahwa masakan Padang tidak sehat. Penuh lemak dan kolestrol. Jadi diperlukan kiat-kiat tertentu agar kita yang gemar masakan Padang ini, selain tetap bisa makan masakan Padang, dan juga mendapatkan tubuh yang sehat. Kiat itu antara lain jika kiat menyantap masakan Padang yang banyak mengandung santan, kita dapat mengurangi santan tersebut dengan menyisihkan santan yang melekat pada lauk yang kita makan. Hal lain yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan sayur-sayuran yang mengandung serat untuk menetralisir lemak dan menurunkan kadar kolesterol. Dan yang terakhir, jangan terlalu sering menyantap masakan Padang. Atur waktunya agar memberi kesempatan bagi tubuh untuk menetralisir lemak dan kolesterol.

dari berbagai sumber

Iklan

2 pemikiran pada “Masakan Padang

  1. Gw sukanya gulai otak, sotong, ayam pop, dan kentang balado.

    Kalau mhsiswa ky kita kehabisan duit, mending pesen nasi pake kuahnya aja, biar itungannya cuma nasi putih doang. πŸ™‚

  2. masakan padang itu memang enak….

    tp… bagi yang mendapat hepatitis jangan

    terbawa enakx masakan padang ya….

    coz banyak lemaknya…..!

  3. Dirumah makan padang memang pelayannya pada umumnya pria,tapi bukan berarti tingginya kedudukan wanita dibanding pria diminang.Kami diminang garis keturunan(gelar)mengikuti ibu.Jadi kami sebagai lelaki diminang kamilah yang bertanggung jawab mencari nafkah terhadap keluarga disamping sebagai kepala keluarga.Pelayanan dilakukan oleh pria karena pria lebih cekatan dan terampil dibanding wanita dalam menghidangkan menu masakan.Ada didaerah padang pariaman (Padang itu luas lho!..) Jika gadis dan bujang akan menikah maka pihak keluarga wanita harus menyediakan uang adat untuk menjemput prianya.Jika tidak terpenuhi sesuai permintaan pihak keluarga pria maka acara pernikahan bisa batal.Nah….bagaimana anda mengatakan bahwa kedudukan wanita jauh lebih tinggi dibanding pria?….Minangkabau itu Luas daerahnya,nama kerajaannya PAGARUYUANG .Adat atau kebiasaan pada daerah A belum tentu sama dengan adat/kebiasaan daerah B walaupun kami berada dalam satu daerah MInangkabau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s