Save Password Berbahaya?

Yang saya maksud disini adalah fitur save password yang ada di browser-browser internet seperti Mozilla Firefox, Flock, Opera, dan lain-lain. Cara kerja dari save password ini adalah menyimpan password untuk halaman login dari suatu website. Jika pengguna membuka halaman web yang sama dalam waktu yang akan datang, maka akan otomatis login karena browser telah menyimpan passwordnya. Hal ini berbeda dengan fitur “Remember me” yang ada di email-email yang berbasis web seperti Yahoo! atau Google Mail.  Remember bekerja dengan menempatkan cookies identik didalam komputer kita. Cookies ini sudah dienkripsi jadi sulit untuk menjebolnya.

Photobucket
klik untuk memperbesar

Pop-up Save Password di Firefox

Sepintas jika dilihat, fitur ini sangat memudahkan bagi pengguna web browser yang malas mengetik user id dan password. Tapi jika kita kaji lebih lanjut lagi, fitur ini cukup berbahaya bagi yang tidak teliti atau hati – hati. Mengapa demikian? karena password dan user id yang tersimpan di browser, dapat dilihat oleh siapapun yang membuka web browser itu. Tentu saja jika fitur ini dipakai di komputer umum, akan sangat membahayakan. Apalagi sejak mulai membludaknya pengguna laptop di tanah air yang konon masih sering pinjam di pinjam.

Photobucket
Klik untuk Memperbesar

Melihat Password yang tersimpan

Cara yang paling ampuh adalah, jangan pernah save password anda. Laptop saya sering dipakai oleh teman-teman se-kost saya. Pernah suatu hari saya kebanjiran password-password mereka. haha. Untungnya saya tidak eksploitasi apa yang saya dapat. Jadi tetap waspada dan teliti.

Satu pemikiran pada “Save Password Berbahaya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s