Sekilas Tentang Hati (Liver)

Hati atau liver adalah salah satu organ vital yang dimiliki oleh makhluk hidup. Dengan berat sekitar 1,5 kilogram, hati merupakan organ terbesar didalam tubuh. Alhamdulillah Allah SWT telah membuat perlindungan khusus untuk menjaga organ vital ini dengan adanya tulang iga bagian kanan bawah. Fungsi hati begitu banyak dan sangat berkaitan erat dengan fungsi organ tubuh lainnya. Organ ini masih dapat bekerja dengan baik meskipun 90% bagiannya mengalami kerusakan.

Semua sel hati membentuk sekitar 100.000 kelompok kerja berbentuk segi enam yang disebut lobulus. Masing-masing kelompok kerja ini terdiri atas sejumlah sel yang tersusun rapi dengan berbaris mengelilingi sebuah pembuluh darah. Barisan sel ini diselingi oleh pembuluh khusus yang mengangkut produk yang dihasilkan oleh sel tersebut. Masing – masing lobulus ini berukuran beberapa milimeter panjangnya dan bergaris tengah antara 0.8 – 2 milimeter. Dalam keadaan normal, setiap menitnya hati akan dilintasi sedikitnya 1400 cc darah. Jumlah ini lebih dari seperempat darah yang terdapat di dalam tubuh.

Hati merupakan satu – satunya organ tubuh yang memiliki dua sumber suplai darah. Pertama, darah segar yang datang langsung dari jantung untuk menyuplai oksigen. Kedua, darah yang berasal dari lambung dan usus yang membawa sari makanan yang telah diserap di hati. Hati juga menghasilkan lebih dari seribu jenis enzim yang berbeda. Diperkirakan bahwa untuk melakukan sebagian dari tugas hati yang tergolong sederhana sekalipun akan dibutuhkan pabrik kimia yang luasnya bisa mencapai beberapa hektar. Banyak dari zat kimia yang dibuat di hati yang belum dapat dibuat oleh para ahli di laboratorium. Selain itu, hati juga mampu membuat berbagai macam zat kimia semenjak manusia mulai menghuni bumi padahal manusia baru mampu membuat sebagian diantaranya di laboratorium. Contohnya vitamin B12 yang dibuat oleh hati baru dapat dibuat oleh manusia pada tahun 1972.


Selain menghasilkan zat – zat yang berguna bagi tubuh, hati juga berguna sebagai penawar racun. Manusia dapat terbunuh oleh racun yang masuk ke dalam tubuh termasuk obat – obatan antibiotika yang diberikan oleh dokter ketika kita sakit. Selain itu zat racun lain yang sering masuk ke dalam tubuh adalah alkohol. Hati dapat mengubah alkohol didalam darah menjadi air dan karbon dioksida dalam waktu hanya 6 – 10 detik. Racun lainnya adalah zat amonia. Bakteri – bakteri yang secara normal hidup dalam saluran pencernaan menghasilkan amonia dalam jumlah yang cukup besar lalu diserap oleh darah. Hati mengubah amonia ini menjadi urea yang kemudia dibuang keluar melalui air seni. Bayangkan jika hati tidak dapat mengubah amonia menjadi urea. Amonia akan menumpuk dan dapat menyebabkan kematian.

Jika kalian sering makan makanan yang banyak mengandung lemak, maka berterima kasihlah kepada hati. Setiap hari hati menghasilkan 0.5 – 1 liter zat empedu yang disalurkan ke hulu usus kecil di duodenum untuk memecah lemak agar membuatnya larut dan mudah dicerna.

Makanan yang sering kita makan sering kali mengandung glukosa yang berlebihan. Hati akan menyimpan glukosa ini dalam bentuk karbohidrat yang kompleks yang disebut glikogen. Kapasitas penyimpanan hati dalam menyimpan glikogen dapat mencapai seperempat kilogram gula putih. Jika kadar gula darah berkurang, hati akan mengubah glikogen yang disimpannya menjadi glukosa kembali.

Menjaga kesehatan hati ini harus dimulai dari diri kita sendiri. Kita harus menjaga apa yang Allah berikan kepada kita. Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti serat tinggi, bebas lemak, rendah gula sangat dianjurkan. Makanan – makanan yang kita konsumsi harus mengandung vitamin C dan vitamin E. Zat tersebut membantu menjaga hati kita dari radikal bebas. Selain itu perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi kopi juga turut menjaga kesehatan hati kita. (grszt)

Sumber : Keajaiban – Keajaiban dalam Tubuh Manusia Dr. Albert M. Hutapea

Satu pemikiran pada “Sekilas Tentang Hati (Liver)

  1. Penjelasan mengenai hati ini kurang lengkap………… tidak dicantumkan satu bagian dari hati yang sangat spesial yang tidak dimiliki oleh organ tubuh yang lain yaitu enzim arginase

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s