Menulis Equation di Blog dengan LaTeX

Mungkin para pembaca blog saya pernah membaca artikel tentang pembahasan UTS 1 Kalkulus IIA yang saya tulis beberapa minggu lalu. Banyak teman-teman yang bertanya bagaimana caranya saya menulis persamaan – persamaan matematika di blog secara cepat, rapi, dan efisien. Ada juga yang mengatakan “Ga, pake microsoft equation ya? gile, rajin amat lw” haha. Saya ga sanggup nulis itu semua kalau menggunakan microsoft Equation buatan Om Bill itu. Bayangkan saja, saya harus mengklik simbol satu persatu di MS Word misalnya. Lalu saya copy paste ke blog. Wah berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mengerjakan itu? Ga kebayang deh.

Solusinya, ada sebuah website yang menyediakan layanan script untuk menggenerate gambar persamaan yang kita ketik dengan format LaTex. LaTeX adalah salah satu software pengolah kata seperti MS Word yang cara kerjanya mirip seperti kita memmogram suatu software. Semua tipe editing text yang kita kerjakan, akan dilakukan melalui sebuah ketikan perintah yang diawali dengan karakter backslash (). Lalu jika kita ingin melihat hasilnya, kita harus ‘mengcompile’ nya terlebih dahulu. Berbeda sekali dengan MS Word.

Nah website yang saya sebutkan tadi beralamat di sini . Lah, apa bedanya dengan Microsoft Equation? memang sama, awalnya saya menggunakannya dengan cara konvensional. Klik persamaan dengan mengklik simbol per simbol. Lalu website itu akan menggenerate persamaan dalam format gif atau format yg lainnya. Lalu klik kanan image source persamaan itu, lalu masukkan ke dalam blog melalui insert picture. Wah, menurut saya ini juga tergolong repot. Jika kita iseng melihat alamat source image persamaan itu, maka ada suatu pola tertentu bagaimana caranya jika kita memodifikasi alamat itu sesuai persamaan yang kita inginkan, maka akan muncul picture persamaan yang kita inginkan tanpa mengakses website tadi.

contoh, saya akan membuat persamaan x^2+((x+2)/(x^2-1))+e^2x . maka hasilnya akan seperti ini

jika kita melihat alamat dari picture itu,

http://latex.codecogs.com/gif.latex?x^2+frac{x+2}{x^2-1}+e^{2x}

nah, lihat kata2 setelah “http:// bla bla bla gif.latex?” kita akan melihat suatu ekspresi persamaan dengan menggunakan bahasa LaTeX. Jadi, jika kita ingin membuat persamaan dengan cepat, cukup copy paste http://latex.codecogs.com/gif.latex? lalu tulis persamaan dibelakang “?”. Hehe, Mudah bukan?

coba kita contoh lagi, saya ingin membuat integral dari x^2 dx dengan batas bawah 1 dan batas atas 3. Jika kita menggunakan bahasa LaTeX. ekspresinya

int_{1}^{3}x^{2}dx

nah, jika kita gabungkan dengan pola diatas akan menjadi

http://latex.codecogs.com/gif.latex?int_{1}^{3}x^{2}dx

nah, mari kita coba link diatas yang baru saja kita buat tadi. Maka akan keluar

mudah bukan. Nah sekarang, tugas kita tinggal satu lagi. Kita harus mengerti dan tahu ekspresi-ekspresi dalam bahasa LaTeX untuk menulis suatu persamaan. Cara yang paling mudah adalah kita kembali akses ke website ini , cobalah eksplorasi lambang-lambang yang ada disana, lalu lihat kode yang keluar di dalam box.

oke, selamat menggunakan equation di blog !

5 pemikiran pada “Menulis Equation di Blog dengan LaTeX

  1. malah versi script nya bisa dipasang di web. tp g ngerti cara masangnya hehe

    dulu jg pernah bikin tutorial fisika makai ms equation, woh, ngetiknya seharian

  2. Hello all
    http://www.justmiley.com/ – prednisone acne

    Patients who currently have a fungal infection on any part of your body o matter how mild it is, must inform your healthcare provider about it because it would make Prednisone a bad candidate for treating your current condition.
    prednisone mg
    Prednisone is usually prescribed to be taken in oral form but is also available in other forms such as intravenous injections and intramuscular injections.
    prednisone sale

    Patients who currently have a fungal infection on any part of your body o matter how mild it is, must inform your healthcare provider about it because it would make Prednisone a bad candidate for treating your current condition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s