100% tidak lulus, eh UN malah diulang

coba deh main ke link ini http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=72481

100% tidak lulus karena para siswa diketahui mencontek kunci jawaban yang salah. Lebih anehnya lagi, untuk sekolah itu akan diadakan ujian nasional ulang pada 8-12 Juni. Ini sungguh keterlaluan. Bukankah itu konsekuensi bagi yang mencontek? salah sendiri. Mengapa tidak menggunakan kemampuan anda sendiri? percaya dengan jawaban itu seakan-akan contekan itu yang membawa anda lulus dari bangku SMA?

Jika benar kasus ini terjadi karena semua siswa mencontek kunci jawaban yang salah, sungguh lebih keterlaluan lagi jika diadakan ujian ulangan. Ini akan membuat sekolah-sekolah lain yang angka kelulusannya rendah atau sama seperti sekolah tadi cemburu, ingin ikut-ikutan juga mengadakan ujian nasional ulang. Hancurlah lama-lama kualitas lulusan kita. Lulusan instan yang tidak tahu apa-apa, masuk kosong keluar juga kosong.

Nah mungkin muncul pertanyaan dari diri kita, mengapa bisa sampai ada muncul kunci jawaban? seperti yang sering saya dengar, ini adalah bagian dari pencitraan sekolah. Saat ini doktrin yang diterima oleh masyarakat adalah bahwa sekolah favorit adalah sekolah yang bisa meluluskan banyak dari siswanya, atau kalau perlu hingga 100% lulus. Tidak peduli lulusannya itu “berisi” atau tidak, yang penting 100%. Inilah bukti bahwa saat ini, yang terpenting adalah hasil, tak peduli kita peroleh darimana hasil itu, yang penting kita melihat selembar kertas ijazah yang menyatakan kita lulus.

Mudah-mudah kita mempunyai atau akan menjadi orang tua yang selalu bertanya kepada anaknya “bagaimana pelajaran hari ini nak? apa kamu ngerti pelajarannya? jika belum mengerti bagian yang mana?” dibandingkan dengan bertanya “gimana nilai ulangan pelajaran ini? kamu bisa dapat nilai tinggi nggak? bapak tidak akan memberikan uang jajan jika kamu mendapat nilai jelek, jika nilai kamu bagus bapak akan membelikan mainan baru”

huff, alhamdulillah orang tua saya akan menanyakan “bagaimana aa’? bisa ujiannya?” setiap setelah saya menghadapi berbagai ujian yang saya hadapi, dari dulu masa sekolah hingga kuliah saat ini. šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s