Setelah Setahun Kuliah …

Tingkat I selesai, ditutup dengan Research Based Learning di mata kuliah Fisika. Tugasnya kelihatannya sederhana, pelontar magnetik😛. Pertanyaan yang sangat penting bagi anak-anak TPB 2008, apa yang kita dapat setahun ini? mungkin jawabannya bervariasi. Kalau saya sendiri, dengan mudah akan saya jawab, CAPEK. Haha bercanda gan!. Kalau dilihat dari mata kuliah2 yang dipelajari setahun ini, tentu saja ada perbedaan yang sangat mencolok jika kita balik ke masa SMA dulu.

Oke, jika sudah selesai menjawab pertanyaan tadi, bagaimana jika kita lanjut ke pertanyaan berikutnya. Kita sudah tahu apa yang kita dapat, apa buktinya kalau kita sudah mendapat apa yang kita jawab di pertanyaan pertama? Pertanyaan ini dapat diartikan, karya apa yang sudah kita buat selama setahun? bisa saja kita jawab dengan catatan-catatan kuliah kita, soal-soal yang sudah kita kerjakan, nilai-nilai yang sudah kita dapat, atau sebagainya.

Sip, apa yang kita dapat, sudah ada, bukti dari apa yang kita dapat, sudah ada, sekarang lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Kita sebagai mahasiswa, sebagai orang yang diberi nikmat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dimana orang-orang lain belum tentu mendapatkannya, tentunya kita mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat dengan bermodalkan ilmu yang kita dapat, nah, pertanyaannya, apakah kita sudah melakukan itu? maksud saya pengabdian kita ke masyarakat? atau minimal ikut serta dalam berpikir membantu masalah yang ada di masyarakat? sudahkah kita melakukan itu?

Logikany, dengan kemampuan dan tools yang sudah kita dapat selama setahun ini, minimal kita dapat berbuat sesuatu. Mungkin ada celetukan yang beredar di kalangan mahasiswa. “Ah, ngapain, kita kan belum lulus, ntar deh kalau udah lulus, gw janji untuk bla bla bla bla”. Wah gan jika kita berpikir seperti ini, kita kalah dong ama orang yang kursus menjahit, kursus reparasi handphone. Mereka cukup beberapa bulan kursus, sudah menghasilkan karya nyata di masyarakat.

Disinilah kelemahan terbesar kita gan, kita memang banyak belajar, kita memang cerdas, tapi itu hanya di kepala gan. Memang sih, saya sendiri jg masih merasa seperti itu gan. Inti dari tulisan ini, mari kita buat karya nyata sebagai salah satu cara untuk menunjukkan eksistensi dan bakit kita di masyarakat. Sebagai mahasiswa, tentu saja banyak cara. Akhir semester, merupakan liburan, ayolah menggunakan liburan ini untuk membuat karya nyata itu, buktikan dengan modal setahun ini, kita dapat berbuat banyak (bukan berarti jg saya nyumpahin kita kuliah cuman setahun, ampun gan!). Libur sangat basi sekali jika kita gunakan buat bengong. Ayo bikin rencana, apa yang kita perbuat di liburan ini.😀

Satu pemikiran pada “Setelah Setahun Kuliah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s