Informasi Penting, Ada di Bak Sampah

Siapa bilang sesuatu yang ada di bak sampah itu tidak berharga? tapi hati-hati, mungkin teknik ini sudah ada sejak dulu. Jamannya kejahatan carding yang merejalela di Indonesia. Bak sampah, bisa saja dapat berisi sesuatu yang berharga, uang misalnya. Tapi yang saya maksud, bukan uang secara fisik, mana adalah orang buang uang ke bak sampah. Yang dibuang adalah cara kita mendapatkan uang, ya tentu saja, secara tidak halal.

Bak sampah dapat berisi informasi-informasi pribadi yang penting bagi urusan perbankan. Mungkin anda pernah membuat biodata, CV, atau semacamnya, lalu salah ketik, lalu anda buang begitu saja. Atau yang lainnya, anda pernah membuang transaksi perbankan yang baru saja anda lakukan, struk transaksi anda buang begitu saja. Sebenarnya, modal kertas-kertas yang anda anggap sampah itu dapat dipergunakan orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk menguras uang anda.

Mungkin ada yang pernah mengalami kehilangan kartu ATM, lupa nomor PIN ATM, atau ingin mengambil uang lewat kartu kredit. Apakah ingat apa saja syarat-syaratnya? biasanya, KTP, sedikit dari biodata anda seperti nomor telepon, alamat, dan yang paling penting, nama ibu. Tentu saja, jika kita tidak waspada, informasi itu bisa saja ada di bak sampah kita.

Modusnya, si pelaku berpura-pura menjadi seorang yang lupa nomor PIN nya. lalu menelepon call center dari bank yang bersangkutan. Biasanya call center menanyakan beberapa data pribadi untuk menguji apakah yang menelepon itu pihak yang mempunyai hak untuk mengetahui nomor PIN atau tidak. Tapi apa yang terjadi jika si pelaku sudah mengetahui semua biodata korban? Ya mudah-mudahan kita bisa lebih teliti lagi dalam membuang sampah dokumen yang penting, memang lebih aman dibakar😀

5 pemikiran pada “Informasi Penting, Ada di Bak Sampah

  1. Pas bgt dah! Gw kebetulan lagi menyingkirkan kertas-kertas gak kepake yang ada di kamar gw. Pas bgt! moga2 aja gak ada yang bikin gw “kehilangan uang”…. wakakakakaa..

  2. emangnye gw emak nyang jual nasi bungkuss apeeee?!

    gak lah… kertas itu sisa2 perjuangan gw pas mau masuk ke univ yg deket kebon binatang itu loh😉

  3. makenye… kalau yg berhubungan dgn bank, mending langsung di robek, dicabik2 dulu sebelum dibuang ke tong sampah… paling engga dibakar aja biar rada aman…

    jadi inget pas GP, ditumpukan sampah sampe nemu kasur bekas, tulang belulang, sampe , sesuatu yg super menjijikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s