Pemilihan Presiden – Kemenangan Kita Semua

Tinta ungu itu masih saja belum hilang dari jari kelingking saya. Jadi saya merasa ada yang kurang jika momen 5 tahun sekali ini tidak masuk blog ini. Yap, pemilu presiden 2009 yang sedang di laksanakan di negeri ini membuat semua pasang mata semua rakyat Indonesia terbuka. Betapa event ini sangat penting bagi setiap kepala manusia yang hidup maupun yang masih tertera bahwa dialah warga negara Indonesia. 5 menit untuk 5 tahun begitulah jargon yang menyeruak muncul ketika pemilu presiden dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2009 pukul 08.00 – 13.00.

Berbeda dengan pemilu-pemilu terdahulu. Pemilu saat ini memang bukan pemilu terbaik yang pernah dilakukan oleh bangsa ini, namun pemilu kali ini adalah pemilu yang sudah berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Jika kita berkaca pada salah satu negara di daratan Persia yang rusuh karena pemilu, tentunya kita sangat bersyukur keadaan negara ini aman-aman saja. Setidaknya hingga detik ini saya menulis artikel😀. Saya hidup di 5 Pemilu. 2 Pemilu diadakan pada zaman Orde Baru yang notabene tanpa pemilu pun kita sudah tau presidennya siapa, hanya wakilnya saja yang ganti. Dan 3 pemilu lainnya, pada tahun 1999, 2004, dan sekarang 2009, telah menjadi pemilu yang menurut saya demokratis, tanpa tekanan.

Ada hal yang menarik di pemilu 2009 ini, yaitu adanya Quick Count. Quick count adalah suatu metode hitung cepat jumlah suara dengan mengambil beberapa sampel dari sekian persen jumlah TPS yang ada, lalu dikumpulkan data tersebut yang sepertinya merepresentasikan jumlah persen sebenarnya jika kita menghitung secara manual. Quick count ini, berlangsung sangat cepat jika dibandingkan dengan hitung manual, pemilu selesai pukul 13.00 namun sudah tau siapa pemenangnya pada pukul 15.00. Namun hasilnya, tidak dapat dijadikan patokan, penghitungan dari KPU lah yang merupakan patokan. Saat ini, SBY-Boediono yang memimpin menurut hasil quick count.

Siapapun pemenangnya, yang penting, capres-cawapres tersebut dapat membuat janji-janji yang diucapkannya ketika kampanye menjadi terwujud. Memang mereka bukan superman, setidaknya munculkanlah keinginan untuk mengabulkan janji-janji yang mereka katakan. Karena pasangan capres-cawapres ini langsung pilihan rakyat, maka dapat saya katakan, rakyat lah yang menang

2 pemikiran pada “Pemilihan Presiden – Kemenangan Kita Semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s