Sekilas Jaringan Komputer

Jaringan merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Bukan tidak mungkin suatu jaringan dapat berhubungan dengan berbagai jaringan lain yang ada. Jaringan merupakan suatu bentuk efisiensi yang sudah terintegrasi dari berbagai macam bentuk layanan yang dapat kita akses. Jaringan ini berdampak sangat besar bagi kehidupan manusia saat ini. Bayangkan lah jika ada suatu kantor yang memiliki gedung dengan 3 lantai, dimana karyawan yang ada di lantai dasar sedang mengerjakan suatu laporan keuangan, dan harus mencetak laporan tersebut saat itu juga tetapi printer sebagai media output cetak terdapat di lantai 3. Cara lama adalah dengan menyimpan data laporan keuangan tersebut ke dalam media penyimpanan eksternal, membawanya ke lantai 3, lalu dicetak disana. Dengan adanya jaringan, semuanya menjadi lebih simpel dan sederhana. Karyawan tersebut langsung dapat mencetak laporan keuangannya melalui komputernya sendiri di lantai 1. Dan banyak aplikasi lainnya dari jaringan ini.

Bagaimana jaringan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari? Kebutuhan manusia yang semakin kompleks, lalu ada tawaran kemudahan yang membuat berbagai kebutuhan tadi dapat dilaksanakan dengan mudah. Berbagai media komunikasi yang ada di dunia internet saat ini seperti Instant Messaging, Web, Blog, sampai ke streaming video lalu lintas semuanya ada jika jaringan komputer sudah terbentuk. Tidak hanya manusia saja yang mengenal istilah ringan sama dijinjing berat sama dipikul. Didalam dunia komputer, aplikasi dari kata-kata mutiara tadi adalah berbagai komputer, terhimpun menjadi satu jaringan yang dapat kita lihat dari topologinya yang tersambung oleh suatu media sehingga antar komputer tersebut dapat melakukan komunikasi sehingga layanan-layanan diatas dapat dilakukan.

Jaringan komputer sendiri tersusun dari berbagai komponen yaitu perangkat, media, pesan, dan protokol. Perangkat adalah suatu alat yang dipakai oleh user untuk mengirim data, perangkat tersebut tidak hanya sebatas komputer saja. Handphone, Pager, ATM, Televisi, Radio juga dapat dimasukkan ke kategori ini. Masing-masing perangkat ini tentu mempunyai jalur sendiri untuk mengantarkan data ke perangkat tujuan. Untuk mengantarkan data ini, diperlukan suatu media agar secara fisik, data tersebut dapat dikirim. Media dapat berupa kabel tembaga, kabel fiber optik, maupun radio wireless. Protokol diperlukan sebagai acuan dasar agar berbagai tipe dan bentuk perangkat tetap dapat melakukan transaksi data. Misalnya komputer yang berbasis UNIX dan Windows masing-masing dapat membuka halaman web yang sama, dengan tampilan yang relatif sama di masing-masing sistem operasi tersebut. Hal itu dapat terjadi karena adanya protokol yang sama.

Dalam implementasinya, tipe jaringan dapat dibagi dua, pertama jaringan secara broadcast. Jaringan broadcast tidak memiliki reabilitas yang baik untuk mengantarkan data. Tipe jaringan ini hanya mengirimkan data berdasarkan apa yang di broadcast tanpa memerhatikan apakah paket data tersebut sampai atau tidak ke komputer user. Contoh dari jaringan secara broadcast adalah tayangan streaming video, radio, maupun televisi. Jaringan kedua adalah jaringan yang connection oriented. Jaringan ini sangat memperhatikan apakah paket data yang dikirim sampai atau tidak. Paket yang hilang akan dikirim ulang ke user. Jaringan ini dipakai dalam transaksi data di browser internet, FTP, Email, maupun layanan IM.

Jaringan, akan selalu dibutuhkan oleh manusia dalam kegiatan sehari-harinya karena kemudahan yang diberikan apabila kita mengaplikasikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s