Cukupkah dengan Ramadhan Selama sebulan?

Hari ini adalah hari yang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat muslim diseluruh penjuru Bumi. Hari Raya Idul Fitri yang merupakan moment yang datang untuk menyambut pahlawan-pahlawan yang telah berjihad menaklukkan hawa nafsu. Kita turut sedih karena bulan istimewa dan penuh diskon dari Allah ini telah berakhir dan kita belum tentu akan bertemu dengan bulan ini di tahun depan.

Hari Raya Idul Fitri, disunahkan bagi kita untuk melaksanakan sholat Ied. Menurut hadist (lupa euy riwayat siapa), kita diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Ied di lapangan dengan adanya pembatas shaf. Di Indonesia yang sering dijadikan tempat sholat Ied biasanya lapangan alun-alun maupun lapangan berbagai perkantoran atau instansi yang sekiranya cukup untuk menampung banyaknya jamaah.

Karena tempat sholat yang outdoor ini, tak lupa kita sering memakai koran sebagai alas sajadah kita agar tidak kotor dan kontak langsung dengan tanah. Inilah kebiasaan kita, meninggalkan koran yang kita bawa sebagai alas sholat. Hati sebenarnya terenyuh melihat begitu berantakannya lapangan tersebut jika sholat Ied selesai. Apa susahnya kita membawa kembali apa yang pada awalnya kita bawa, toh itu tanggung jawab kita. Jika kita ingin berniat untuk membantu saudara-saudara kita yang mencari rezeki melalui koran-koran itu, mengapa tidak langsung mengumpulkannya di suatu tempat yang lebih rapih? apakah koran terasa berat bagi kita?

Inilah sebagai bahan refleksi kita. Jangan sebut “kebersihan itu merupakan sebagian dari iman” secara gamblang jika hal kecil seperti ini saja kita tidak mampu melaksanakannya.

Satu pemikiran pada “Cukupkah dengan Ramadhan Selama sebulan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s