kilobytes ke terrabytes dalam 20 tahun

Dunia teknologi, khususnya di bidang komputer memang terkenal mempunyai dinamika yang sangat cepat. Berbagai vendor berlomba-lomba meluncurkan produk teranyar, terkuat, dan terbaru mereka. Disisi lain, para provider software juga semakin giat membuat perangkat lunak yang memakan banyak resource dan storage sehingga mau tak mau konsumen harus mengikuti itu semua agar segala kebutuhannya terpenuhi.

Perlombaan ini tentu saja berdampak perkembangan teknologi yang sangat cepat, mari kita balik ke tahun 1989, saya melihat memory card pertama yang diluncurkan dengan kapasitas 128 kilobytes.

128kilobytes

dan saat ini, hasil search ketika saya tanya ke om google berapa kapasitas terbesar untuk sebuah memory card saat ini, juaranya adalah Sony Memory Stick Duo, dengan kapasitas 2 terrabytes. Berarti dalam 20 tahun, memory card telah mengalami peningkatan sebanyak hampir 16 juta kali. Wow!

memory stick duo 2 terrabytes

kalau mau sedikit bercanda dengan asumsi perkembangan kapasitas memory card itu secara linear, maka 20 tahun lagi akan ada memory card dengan kapasitas 32 EB (Exabytes). hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s