Antara UU ITE, Infotainment, dan Luna Maya

Sebenarnya sudah lama saya mau menulis tentang ketiga hal ini. Yaitu sejak Luna Maya dilaporkan ke polisi oleh pekerja infotainment karena pernyataan Luna Maya di twitter yang membuat para pekerja infotainment berang.

UU ITE kepanjangan dari Undang – Undang Informasi Transaksi dan Elektronik yang disahkan oleh DPR bulan Maret tahun lalu ini sempat mengguncang dunia internet Indonesia. Mengapa? karena bagian yang paling menarik dari UU ini adalah di BAB VII (Perbuatan yang Dilarang)  Pasal 27 ayat 3 yang berisi antara lain melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Bagian ini sempat dituding sebagai pengekangan berpendapat di dunia maya oleh para pihak – pihak yang aktif sekali menulis opininya di dunia maya, blogger misalnya.

Bagian ini membuat orang-orang yang beropini di dunia maya dapat terkena kasus jika dia mengkritik seseorang dan seseorang tersebut dapat menggugatnya. Iya kalau dalam konteks ini benar-benar menjelek-jelekkan nama seseorang, tapi bagaimana jika tulisan itu dibuat untuk hanya sekedar beropini dengan data faktual?

Kasus terkenal dari UU ITE adalah kasus Prita Mulyasari. Prita Mulyasari dituntut oleh rumah sakit Omni Internasional karena beliau menuliskan keluhannya lewat milis. Keluhan tersebut tentang pelayanan rumah sakit yang kurang baik yang dialaminya ketika beliau berobat disana.

Kini, UU ITE kembali menunjukkan taringnya lewat kasus yang dialami Luna Maya vs Infotainment beberapa waktu yang lalu. Kasus ini diawali oleh Luna Maya yang nampaknya sudah kesal sekali dengan tingkah polah para pekerja infotainment ini. Saya lupa persis apa yang ditulis Luna Maya di twitter-nya, yang saya ingat dia menulis "info-TAI-nment". Yang jelas intinya, Luna Maya menganggap infotainment lebih kejam dari pembunuh.

Alhasil, infotainment pun ikut berang sejadi-jadinya. Mereka melaporkan Luna Maya dengan UU ITE ini sebagai pencemaran nama baik.

Jika melihat tingkat polah para pekerja infotainment ini, saya sependapat dengan Luna Maya. Mengapa saya setuju? anda dapat lihat bagaimana acara infotainment yang ada di televisi sekarang. Tidak menunjukkan sama sekali etika wartawan yang benar dan sebagai mana mestinya. Mereka gemar sekali membicarakan aib para selebriti untuk dijadikan berita. Bahkan dengan narasumber yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang dialami selebriti seperti paranormal misalnya. Setahu saya, seorang wartawan adalah seorang yang menjunjung tinggi kebenaran data dan fakta. Bukan orang-orang yang gemar menggunjing dan menjelek-jelekkan.

Jika kita telaah lagi bunyi Pasal 27 ayat 3 di UU ITE dengan apa yang dilakukan Luna Maya ini, tidak ada tercantum didalam post Twitter Luna Maya menunjuk ke suatu nama seseorang atau nama sebuah usaha.

Saya lebih setuju jika para pekerja infotainment ini cukup memboikot berita tentang Luna Maya. Toh Luna Maya akan gembira karena tidak akan dikejar-kejar lagi oleh infotainment. Tapi apakah infotainment berani? hahaha.

Kalau melihat kasus para pekerja infotainment melaporkan Luna Maya ke Polisi, ini cuma sekedar untuk membuat berita. Didalam infotainment, berita yang baik adalah berita yang buruk. Bahkan prinsip itu juga ada di dalam prinsip media.

Mudah-mudahan infotainment harus memberikan tayangan yang lebih berkualitas dan berbobot, tidak sekedar membicarakan keburukan artis. Ketika infotainment membicarakan keburukan, tidak ada untungnya bagi para pemirsa yang menonton acara tersebut. Yang untung ya infotainmentnya, mereka dapet rating yang tinggi dan permintaan iklan yang semakin meningkat, ironis sekali ketika uang adalah segalanya.

3 pemikiran pada “Antara UU ITE, Infotainment, dan Luna Maya

  1. kasian luna.. dy bnr2 di ancurin ma impocemen looh.. gila aja! udh mah bikin opini publik yg jelex bgtt #buset dah, bener2 licik! masa’ mpe munculin video yg dulu2 wkt luna marah2 trus nangis itu tuuh.. yg luna blng: kalo ga ada, jgn di ada2in donk! puas kalian puas??!.. jahat bgt c!# mslhnya, video yg tu cma d’tampilin sbagian’y doank, pas bgian expresi luna marah’y doank.. n d’tmbahin ma video yg kasus skrg wkt expresi jengkel luna gara2 tu wartawan knain kpala alleia pdhl dh blng iyaa.. nanti mo bobo-in alleia di mobil dulu. aah.. kessel bgtt liat tayangan impocemen! mreka tuh kek pengen teriak2 ke masyarakat indo yg b*go n hobby nonton gosip: hai hai.. luna maya tuh arts pemarah loh! sombong pula! n kata2nya kasar! #pdhl mah udh da ucapan maap’y, tpi yg di blow-up cma kta2 itu doank!#

    lbh gila lg, mreka msuk ke kantor polisi bwt menjarain luna 6thn n denda 1milyar!! aarghh… dasar saraaapp..!!! br*ngsek bgt mreka, mentang2 penentu opini hitam jd putih n putih jd htm trus bsa sewenang2 geto??.. GILA!!!

    ga da kata lagi bwt luna slain kt: LAWAN!!! ancur2 skalian dch.. tenang.. org b*go yg bsa d’bego-in tukang gosip skrg jumlah’y mulai brkurang qo.. impocemen lupa satu hal: mreka brhadapan dgn intrnet yg kini menggurita di masyarakat, dmn tmpat sgala macam informasi ada di dalam’y!!

    GO LUNA GO LUNA!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s