Sense of Googling

Kalau pernah dengar istilah “sense of belonging”, maka saya mengusulkan seorang mahasiswa harus mempunyai sense of googling yang kuat. Sense of googling adalah suatu tools untuk membantu mahasiswa yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Sudah bukan jamannya lagi kita bertanya hal-hal definitif di ruang kelas seperti “apa sih bu artinya xxx?” atau “siapa bu yang pertama kali menerapkan teori YYY?”. Suasana dan waktu yang ada di kelas akan banyak terbuang percuma jika hanya pertanyaan-pertanyaan itu yang dilontarkan. Mengapa? karena tidak perlu seorang dosen untuk menjawab hal-hal tersebut, cukup buka handphone, browser, lalu lontarkan pertanyaan tersebut ke Google dan carilah web-web yang pantas untuk dijadikan referensi sehingga kelas akan menjadi ajang diskusi argumentatif, bukan definitif lagi.

Dari pengalaman saya selama menjadi mahasiswa dan mencari informasi di google, saya memang berangkat dari Wikipedia dan Wolfram (karena bidang saya matematika). Beberapa kampus termasuk kampus saya mengharamkan mengambil referensi dari Wikipedia. Tapi bukan berarti lantas kita tidak boleh membaca dari sana. Wikipedia bagus sebagai informasi awal dari apa yang kita cari, bacalah halaman yang kita inginkan lalu setelah mengerti, silahkan lihat di bagian “pranala luar” atau reference, biasanya yang dijadikan reference adalah buku-buku terkait. Itulah yang kemudian harus kita cari selanjutnya dan kita jadikan bahan referensi sebenarnya.

Cara lain adalah mencari paper atau jurnal ilmiah di google. Saya sering sekali menggunakan perintah tambahan “filetype:pdf” untuk mencari dokumen-dokumen yang bisa saya baca terkait suatu hal yang saya cari. Sangat membantu sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s