Fetih 1453

 

Baru saja saya selesai menonton film ini. Overall film ini bagus, walau kadang efek yg digunakan menurut saya masih lebih bagus film Kingdom of Heaven yang punya genre serupa (perang antar agama, kolosal, dsb). Bercerita tentang penaklukkan Konstantinopel oleh Kesultanan Islam Ottoman yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II (Muhammad Al Fatih).  Memang jarang film serupa yang mempunyai sudut pandang dari Islam. Entah karena umat Islam kurang berminat membuat film atau bagaimana, yang jelas film ini sedikit banyak mampu menghadirkan suasana tersendiri bagi umat Islam yang menontonnya.

Dengan durasi 2 setengah jam lebih, menurut saya filmnya terlalu lama di bagian sebelum perang dimulai (Soalnya saya sangat menantikan sekali adegan berperangnya :p). Tetapi ketika bagian perangnya sudah dimulai, mata saya tak bisa melirik kemana-mana lagi selain ke monitor. Banyak adegan yang menyentuh seperti pengorbanan kelompok penggali tanah agar tembok dapat diruntuhkan, pengorbanan Hasan dalam mengibarkan panji bendera di menara tetapi kondisi badannya yang telah kena beberapa anak panah, maupun adegan khas di film perang yang ada pasukan Muslimnya yaitu sholat berjamaah di medan perang (di film Kingdom of Heaven juga ada adegan serupa, pasukan Sholahuddin al Ayyubi yang sholat berjamaah di depan benteng Jerussalem).

Bagian penutup film ini adalah ketika Sultan Mehmed II berhasil merebut kota Konstantinopel, dan film ditutup dengan adegan Sultan masuk ke gereja dan mempersilahkan umat Kristen Ortodoks untuk tetap menganut agamanya, suatu hal yang paling menyetuh menurut saya karena Islam bukanlah paksaan.

2 pemikiran pada “Fetih 1453

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s