Definisi

Jika kemarin sewaktu interview Dream Destination Papua saya ditanya :

“seandainya kamu terpilih dan berangkat ke Papua, kamu berani coba pake koteka tidak?”

pertanyaan ini saya jawab

“berani, asalkan tidak ada yang foto dan tidak ada orang sini (rombongan, hanya bersama suku dari Papua itu) yang bersama dengan saya pakai koteka”

Itulah jawaban saya, itu bukanlah ekspresi dari saya malu menggunakan koteka. Tapi jika dipikir jauh lebih dalam, saya berani bilang jawaban saya bermakna lebih dari itu

Sebelum ke apa arti makna jawaban saya itu, saya mempertanyakan mengapa definisi beradab atau tidak primitif bagi sebagian besar masyarakat itu adalah harus memakai baju dan beragama salah satu agama langit? Bagi kita yang sehari-hari pakai baju untuk bepergian, inilah yang kita namakan beradab, berbeda jika kita melihat suku-suku yang kita bilang primitif hanya karena tidak menganut agama dari pilihan 6 agama yang telah disediakan dan tidak memakai baju.

Sayangnya hanya segelintir orang yang mempunyai insight tentang asas definisi ini. Jangankan untuk berpikir tentang definisi apa yang sedang berlaku, tetapi kita cenderung memaksakan definisi tersebut dengan memakaikan mereka baju dan memberikan mereka ajaran agama yang sama dengan kita.

Oleh karena itu, saya menjawab berani dengan syarat tidak ada yang foto dan tidak ada orang yang berasal dari ‘kalangan’ saya sendiri, berarti tidak ada orang lain kecuali saya dan suku tersebut melihat saya memakai koteka saja. Berarti saya menutup kemungkinan pemaksaan definisi tersebut. Pemaksaan dari segelintir orang yang membuat saya atau bahkan bisa saja melabeli saya dengan label primitif.

Ini mungkin dapat sekaligus menjawab pertanyaan apa hubungannya travel dengan matematika. Kami terbiasa men-set otak kita untuk menyepakati definisi yang berlaku 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s