Apa Hadiah Untuk Indonesia Yang Berumur 100 Tahun Pada Tahun 2045?

Pada tahun 1995, di ulang tahun yang ke-50, Republik ini diberikan hadiah ulang tahun yang sangat istimewa dari putera-puteri terbaiknya, yaitu pesawat terbang N250 Gatotkoco.

Image
N250 Gatotkoco. source : Wikipedia

Bagi saya yang kelahiran 1980an akhir atau 1990an awal, saya belum mengerti hebatnya pesawat itu apa. Saya tidak tahu arti dari istilah turboprop dan fly by wire, yang saya tahu adalah N250 Gatotkoco adalah pesawat yang dibuat oleh orang Indonesia. Saat itu saya juga belum mengerti apa sih artinya kalau orang Indonesia mampu membuat pesawat? Belum mengerti arti dari istilah kemajuan teknologi. Saya hanya anak kecil yang sering berteriak “pak pilot!! minta duit dong!!!” bersama teman-teman ketika ada pesawat melintas diatas kepala saya. Ya, mungkin itulah yang dilakukan anak-anak seumur saya pada era 1990an ketika melihat pesawat terbang. Tidak tahu apakah tradisi tersebut masih berlangsung saat ini karena saya belum pernah melihat anak-anak kecil berlaku seperti saya kecil dulu.

Di tahun 2013, usia dari Republik Indonesia adalah 68 tahun. Berarti 32 tahun lagi, yaitu pada tahun 2045 Republik Indonesia akan berumur 100 tahun. Dan ingatlah, pada tahun 2045, yang memimpin Republik Indonesia adalah putera-puteri Indonesia kelahiran 1980an dan 1990an yang saat itu berumur 55 hingga 65 tahun. Saya dan teman-teman seangkatan saya lah yang akan memegang nasib dari keberlanjutan republik ini. Entah republik ini jadinya seperti apa nanti pada tahun 2045, itu tergantung dari apa yang diimpikan dan dilakukan oleh angkatan saya sekarang.

Saya mempunyai uneg-uneg, 32 tahun sebelum tahun 1995 yang menjadi peluncuran pertama pesawat N250 Gatotkoco adalah tahun 1963. Saat itu pak Habibie, pencetus ide pesawat N250 masih berkuliah di RWTH Aachen Jerman dan berusia 27 tahun. Saya tidak tahu apakah pada saat itu pak Habibie sudah terpikirkan untuk memberikan kado istimewa ulang tahun republik ini ketika berumur setengah abad. Andaikan beliau sudah memikirkan hal itu, lalu apa yang kita lakukan sekarang? Seorang Habibie yang cerdas dan jenius itu saja, berdasarkan asumsi saya, sudah bercita-cita sejak 32 tahun sebelum pesawat itu benar-benar terwujud. Kini tahun 2013, adalah 32 tahun sebelum republik ini berumur 100 tahun, satu abad. Sudah kita, angkatan 1980an dan 1990an memikirkan hal ini. Kado ulang tahun satu abad apa yang akan kita berikan kepada Republik Indonesia nanti?

Ini memang keinginan kolektif. Tidak bisa terwujud hanya dari saya sendiri yang bahkan masih belum tahu kado ulang tahun apa yang ingin saya berikan nanti. Tapi jika setiap dari pemuda-pemudi Indonesia kelahiran 1980an hingga 1990an memikirkan hal ini sekarang, saya yakin nanti pada tahun 2045 kehidupan negara ini akan lebih berwarna. Bayangkan setiap orang akan merencanakan kado terbaiknya yang ingin diberikan ke negara yang berumur satu abad ini. Oleh karena itu mulailah memikirkan cita-cita tersebut. Tidak perlu terprovokasi dengan hadiah yang diberikan Habibie yang berupa pesawat terbang itu. Kita harus berikan sesuatu yang jauh lebih spesial nanti dan rupanya tidak perlu suatu pengembangan teknologi. Memang pada awalnya saya pribadi ikut terprovokasi Habibie, saya terpikir angkatan saya akan membuat pesawat ulang alik yang jauh lebih hebat daripada Discovery atau Atlantis milik NASA. Atau terpikirkan angkatan saya nantilah yang berhasil mengirimkan salah satu putera-puterinya berkoloni planet Mars. Atau angkatan saya nanti yang mempersembahkan hadiah Nobel atau First Medal di bidang Matematika murni. Memang tidak ada yang salah dengan cita-cita itu, dan itu adalah juga kado yang hebat. Tetapi saya lebih suka pada tahun 2045 nanti, angkatan saya sukses memimpin negeri ini dengan baik dan benar. Yang ada di angan-angan saya, pada tahun 2045 Komisi Pemberantasan Korupsi sudah dibubarkan. Dibubarkan bukan karena ada mafia disana, tetapi karena memang tidak ada lagi yang korupsi sehingga lembaga tersebut menjadi tidak berguna lagi.

Oleh karena itu, ayolah teman-teman, 32 tahun lagi, sewaktu Republik Indonesia berumur 100 tahun, kita lah yang memegang kepemimpinan republik ini. Oleh karena itu sejak dari sekarang belajar lah dengan sungguh-sungguh. Asah terus karakter dan nalar kalian. Dan yang terpenting adalah menjadi pribadi yang jujur. Bayangkan jika semua pemuda-pemudi angkatan 1980an dan 1990an menjadi pribadi yang jujur. Pada tahun 2045, kita akan memberikan kado yang paling indah dalam sejarah umat Nusantara, yaitu suatu angkatan atau generasi yang jujur yang dapat memimpin negeri yang kaya raya ini menuju kemakmuran. Dan saya adalah orang yang percaya bahwa karakter diri yang baik, atau kualitas diri yang baik, tentu akan berdampak pada karya yang dihasilkannya nanti. Memang saya tidak terbayang bentuk dari hadiah ulang tahun ke-100 untuk Republik Indonesia ini, tapi hanya itulah yang dapat saya bayangkan, jika dari sekarang kita sudah meninggalkan ketidakjujuran, maka tahun 2045 kita akan tuai hasilnya.

Mungkin statement dari penulis kesukaan saya, Pramoedya Ananta Toer dapat memberikan gambaran betapa generasi tua sangat berharap sekali dengan generasi mudanya :

Angkatan tua saya tidak percaya, seluruhnya. Dan angkatan muda itu mewakili hari depan. Indonesia mau begini begitu terserah angkatan muda, mau hijau, biru, putih silahkan, asalkan lebih baik dari sebelumnya. (Pramoedya Ananta Toer, 23 Agustus 1999)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s