Database Profesi di Occupational Outlook Handbook

Beberapa hari ini saya sedang getol mencari-cari info tentang profesi aktuaris. Entah kenapa setiap kali saya menemukan tulisan, saya selalu merasa makin tidak tahu apa sebenarnya aktuaris itu. Padahal pertama kali mendengar profesi itu ketika SMA kelas 2, saat itu saya hadir di dalam pameran pendidikan Australia, di dalam salah satu booklet yang saya peroleh, di sana menjelaskan tentang program studi yang belum ada di Indonesia, salah satunya Aktuaria.

Tapi bukan aktuaria yang ingin saya bahas, saya ingin membahas web yang berhasil saya temukan dan menurut saya baik sekali untuk teman-teman yang sedang tingkat akhir di kuliahnya, atau mungkin untuk adik-adik saya yang ingin masuk kuliah, yaitu web database profesi yang dibuat oleh United States Department of Labour yang bernama Occupational Outlook Handbook.

Web ini berisi katalog profesi/pekerjaan yang ada di Amerika Serikat. Deskripsinya dari setiap profesi disajikan dengan baik sekali seakan-akan seperti sebuah ensiklopedia profesi. Mulai dari Deskripsi profesi, lingkungan kerja, gaji, pasar tenaga kerja, hingga langkah-langkah yang diperlukan agar dapat menjadi orang yang berprofesi seperti itu.

yap, inilah Actuaries

 

Web ini bagus sekali bagi orang tua karena anak-anak zaman sekarang mempunyai cita-cita yang sangat beragam. Tidak seperti zaman saya kecil dulu yang hanya tau pekerjaan dokter, insinyur, pengacara, tentara, polisi, dll. Mungkin jika ditanya “kamu mau menjadi apa?” ketika anak tersebut baru lulus SMA, bisa saja anak itu menyebutkan suatu profesi yang sama sekali baru kita dengar. Hal yang baru belum tentu selamanya buruk. Mungkin ketidaktahuan lah yang membuatnya buruk. Oleh karena itu jika orang tua tahu profesi apa yang diinginkan oleh anaknya, dengan melihat web ini, si orang tua akan tau jalur apa yang harus ditempuh agar si anak dapat berprofesi seperti yang ia inginkan.

Web ini juga dapat digunakan oleh adik-adik saya yang akan masuk kuliah. Mungkin ayah dan ibumu tak tahu profesi yang kamu inginkan, sodorkan saja web ini ke orang tua mu, berilah pengertian bahwa dengan saya menyukai profesi ini dan ingin orang tua merestui jalan yang kamu pilih. Karena saya sendiri waktu itu sedikit kesulitan menjelaskan apa itu profesi Aktuaris ke orang tua saya. Tetapi karena beliau berdua adalah orang tua yang sangat baik dan percaya kepada saya, sepertinya tanpa tahu apa itu aktuaris pun, asal melihat saya bahagia, tetapi didukung. Beruntung! Sayangnya tidak semua orang tua di dunia seperti orang tua saya hehe, jadi manfaatkanlah web ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s