Apa Maunya Tuhan

Saya ingat ketika beberapa tahun yang lalu negeri ini banyak dilanda bencana, ada saja komentar yang mengatakan bahwa negeri ini sedang diberi cobaan oleh Tuhan. Disisi lain dari keramaian komentar tersebut, ada juga yang bilang bahwa negeri ini sedang diazab oleh Tuhan.

Sebagai pembaca berita, saya juga sedikit terheran-heran dengan komentar demikian. Orang-orang ini entah mengapa (setidaknya di mata saya) sudah mengerti pola pikir dan rencana Tuhan. Hebat sekali. Mungkin lain kali saya akan datangi mereka, lalu tanya ke mereka kalau saya sedang begini begitu artinya apa?

Belum lagi kemarin ada suatu tautan berita yang mengutip sebuah pernyataan dari salah satu anggota DPR. Anggota DPR tersebut mengatakan bahwa pengidap HIV-AIDS harus diberikan punishment (walau beberapa jam kemudian ia mengklarifikasi pernyataannya) dengan membayar lebih mahal pengobatan yang diberikan oleh pemerintah. Di lain waktu, jauh sebelum kejadian tersebut, saya pernah mendengar bahwa ada yang bilang penyakit HIV merupakan hukuman dari Tuhan atas perilaku seks bebas. Lagi-lagi saya bertemu dengan orang yang paling mengerti apa maunya Tuhan

Menyatakan bahwa “HIV adalah hukuman Tuhan” sangat berbahaya. Berbahaya karena jika suatu saat nanti penyakit ini ada obatnya (dan hey sudah ada yang ODHA yang berhasil disembuhkan) berpotensi menghina dan merendahkan Tuhan. Mengapa? Masak Tuhan yang katanya Maha Kuasa dengan menjadikan penyakit sebagai alat penghukumnya bisa diobati? Ini ibarat Tuhan sudah buat neraka untuk para pendosa, tapi si pendosa bisa pasang AC di sana. Jadi, menurut saya mengira-ngira apa kemauan dan rencana Tuhan dengan pemikiran manusia yang terbatas adalah tindakan yang kurang bijak.

Sudah jelas di kitab suci tertulis bahwa perbandingan ilmu Manusia dengan ilmu yang Tuhan miliki adalah setetes banding seluruh air lautan. Dan dengan jumlah ilmu yang seperti itu kita sudah bisa mengira apa maunya Tuhan? ehm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s