LaTeX di Mac

Kurang lebih dua bulan ini saya mulai menggunakan mac. Tentunya proses migrasi ini tak memakan waktu satu sampai dua hari, saya harus bisa beradaptasi karena sudah bertahun-tahun menggunakan Windows. Tentu yang pertama kali saya cari adalah membuat keyboard QWERTY di mac menjadi Dvorak, lalu mencari software pengganti yang biasa saya gunakan di Windows.

Dari sekian banyak software pengganti tersebut, salah satunya adalah TexShop. Ketika masih menggunakan Windows, TexStudio (dulunya TexMakerX) adalah software favorit saya jika ingin membuat dokumen dengan menggunakan LaTeX. Kini saya mulai menggunakan TexShop. Walaupun selepas kuliah sepertinya saya tak lagi memerlukan LaTeX untuk pekerjaan sehari-hari, tetapi inilah yang membuat saya menjadi sedikit lebih happy😀

TexShop yang saya gunakan adalah bundling dari compiler LaTeX di Mac yang bernama MacTex. Jika di Windows mungkin software ini seperti MiKTeX. Jika dibandingkan dengan TexStudio, tentu TexShop lebih tak ramah karena mempunyai user interface yang sangat minimalis. Berbeda sekali dengan TexStudio yang sangat ramai dengan fitur, shortcut, dan menu. Kalau boleh saya bilang TexShop seperti TexWorks, software editor bawaan dari MiKTeX.

Jika di TexStudio saya perlu menekan tombol F9 untuk melihat preview dari dokumen saya, di TeXShop, shorcut yang tersedia adalah Command + T (perlu waktu sekitar 15 menit untuk mencari-cari ini -.- ).

Image
Tampilan TeXShop dan jendela preview

Mungkin step selanjutnya adalah saya akan mencoba compile ulang file LaTeX dari tugas akhir saya dengan menggunakan TexShop🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s