Perkalian ala Orang Jepang

Kalau saya sedang bosan, biasanya saya langsung membuka aplikasi StumbleUpon di Android, lalu buka topik “Mathematics”. StumbleUpon memang bisa saja membuat saya amazed karena selalu saja ada hal yang baru. Salah satu hal yang baru bagi saya adalah perkalian ala Jepang.

Apa yang kita lakukan jika bertemu soal perkalian sederhana 12 x 23 ? Tentu pembaca (yang mungkin mayoritas dididik dengan menggunakan sistem pendidikan Indonesia) akan melakukan perkalian seperti di bawah ini :

Image
Pernah disalahkan guru karena tidak mengerjakan dengan cara seperti ini?

Apakah cara yang diajarkan di atas adalah satu-satunya cara? Tentu saja tidak, masih banyak cara lain. Mari kita lihat bagaimana Jepang mengajarkan anak-anaknya perkalian. Hmmm ternyata sedikit berbeda. Inilah yang mereka tulis ketika bertemu soal tersebut :

Image
Gambar seperti inilah yang harus dibuat (sulit menggambar dengan menggunakan trackpad)

 

Jadi apa maksud dari gambar garis-garis di atas? Garis dikelompokkan dalam dua warna, saya buat merah dan biru agar memudahkan meskipun pada prakteknya warna tak perlu berbeda, yang penting mempunyai kemiringan yang sama dan saling sejajar. Kelompok pertama (merah) adalah representasi dari bilangan 12. Ada 1 buah garis merah, dan 2 buah garis biru. Urutan disini penting. Tulislah dari atas ke bawah (mengapa harus begini? nanti akan terjawab). Kelompok kedua (biru), adalah representasi dari bilangan 23, yaitu 2 garis, dan 3 garis yang ditulis dari bawah ke atas. Oke, ini mudah, hanya perkara menggambar garis sejajar saja🙂

Selanjutnya, perhatikan titik potong yang terjadi dari garis-garis sejajar tersebut

Image
Kalau melihat angka-angka yang tertera, merasa familiar dengan cara perkalian standar?

Hitung jumlah titik potong yang terjadi dari garis-garis sejajar di atas. Ya, di bagian kiri, terjadi dua titik potong. Pada bagian tengah, ada tiga dan empat titik potong, serta bagian paling kanan ada enam titik potong. Sekarang mari kita lihat bagaimana hasil perkaliannya. Caranya, bagian paling kanan, adalah representasi dari satuan, yaitu 6. Di tengah, ada 3 dan 4, jumlahkan kedua bilangan tersebut sehingga kita dapat 7 sebagai puluhan. Dan terkahir di bagian paling kiri, 2 sebagai ratusan. Sehingga kalau dijumlahkan, kita akan memperoleh hasil 276

Image

 

Pertama kali saya tahu cara perkalian seperti ini, saya langsung mencoba-coba berbagai soal perkalian. Excited seperti anak yang baru belajar perkalian. Cara seperti ini mudah untuk perkalian dengan jumlah digit yang sama, dan angka satuan yang kecil (mungkin tak lebih dari 5) karena repot sekali jika harus membuat 9 garis untuk menghitung 29 x 91 atau 399 x 222. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Cara seperti ini intinya sama dengan cara “biasa” yang saya terangkan di awal. Hanya saja cara ini lebih mengedepankan visualisasi. Penggunanya hanya menghitung berapa jumlah titik yang terjadi akibat perpotongan dua kelompok garis sejajar tersebut.

4 pemikiran pada “Perkalian ala Orang Jepang

      1. iya sama kayak di mari, tapi ya itu yang membuat gw bertanya-tanya, konsep visualnya ini. hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s