Mahameru: Solo Karir Grasak Grusuk

Sejak booming film 5 cm (yang saya sendiri belum pernah menonton film dan membaca bukunya), Semeru menjadi ramai sekali. Entah apa isi film/buku tersebut sehingga membuat orang-orang ingin ke sana. Saya sendiri sudah hobi hiking beberapa tahun sebelum film tersebut dirilis. Pengalaman pertama saya adalah hiking ke Tangkuban Perahu via Parongpong. Itupun turun dengan menggunakan angkot Lembang – St Hall dan ketika sampai di kawah bisa makan siomay bersama wisatawan yang ada di sana.

Setelah itu, saya mulai naik gunung “beneran” walau itu hanya yang dekat-dekat Bandung saja seperti Burangrang dan Papandayan. Tahun pertama saya naik gunung belum ada niat sekalipun untuk ke Semeru. Entah karena merasa fisik belum mampu, atau kadang juga merasa saya masih kurang jam terbang untuk mendaki ke Mahameru.

Setelah beberapa gunung, akhirnya saat-saat mendaki Mahameru telah tiba. Saya sudah pesan tiket pesawat PP sejak bulan Oktober lalu. Rencananya adalah berangkat Jumat 5 Desember 2014, pulang 8 Desember 2014, dengan mulai mendaki pada hari Sabtu. Berikut cerita perjalanannya

Jumat, 5 Desember 2014. Jakarta – Malang – Tumpang

Kamis saya ambil lembur karena saya akan tidak hadir di kantor selama 2 hari kerja sehingga harus menyelesaikan semua pekerjaan yang tersisa. Saya berangkat dari kos sekitar jam 8 pagi ke Soekarno-Hatta untuk ke Malang dengan menggunakan Sriwijaya Air yang berangkat pukul 11.00. Saat itu keril yang saya bawa hanya Deuter Act Lite 40+10 berisi perlengkapan mulai dari tenda, sleeping bag, kompor, trangia, dll kecuali air minum dan logistik (termasuk tabung gas). Tas masuk bagasi dan timbangannya menunjukkan angka 12 kg. Lumayan ringan

Beruntung pesawat tidak delay. Saya sampai di Abdurrahman Saleh sekitar pukul setengah 1 siang. Sebenarnya saat itu sedikit bingung dengan bandara tersebut. Bandaranya mengingatkan saya dengan bandara H.Asan di Sampit. Hanya berupa bangunan mungil. Bahkan WC nya pun seadanya. Transportasi umum dari Bandara hanyalah taksi Avanza dengan ongkos yang lumayan “aneh”. Jadi kalau pesan taksi, cukup lihat tabel tarif yang dibagi per zona. Tujuan saya saat itu adalah Pasar Tumpang yang kena ongkos 100ribu. Menurut saya cukup mahal karena jarak Abdurrahman Saleh ke Pasar Tumpang relatif dekat, mungkin sekitar 15 km.

Sampai di Pasar Tumpang setengah 2 siang. Cuaca hujan sedang, kalau kata orang “hujan awet” karena langit agak gelap. Saya minta berhenti di alfamart untuk membeli gas dan logistik sampai hari Senin nanti. Setelah itu saya jalan kaki menuju kantor Perhutani yang tak sampai 100 meter dari alfamart. Di sebelahnya ada semacam basecamp dan beberapa jeep parkir. Saat itu saya sendirian, belum kelihatan rombongan pendaki Semeru. Tapi saya yakin bahwa nanti ada pendaki lain yang juga mau ke Ranu Pani dan saya bisa share cost jeep nya 🙂

Sore sekitar jam 4, datang belasan pendaki dari Jakarta. Rupanya mereka naik kereta api. Saya coba untuk ikut rombongan mereka ke Ranu Pani tetapi mereka tak mau. Sudah penuh katanya. Ya sudahlah, saya tunggu lagi. Toh pendaftaran di Ranu Pani terakhir jam 4 sore, berangkat sekarang maupun nanti malam sama saja karena akan mulai mendaki besok paginya.

Ranu Pani

Akhirnya datang 2 orang pendaki. Ternyata orang Jakarta yang sedang ada tugas di Pasuruan. Salah satunya yang saya ingat namanya mas Prabandoko (lihat dari fotokopi KTP beliau ketika mau daftar Simaksi bareng). Satunya lagi saya lupa namanya (maaf ya mas kalau anda baca tulisan ini 😐 ). Beberapa jam kemudian, datang lagi dua orang pendaki orang Riau-Batam. Saya ingat namanya kalau tak salah mas Bobi dan Andika. Kini kami berlima. Kemudian datang lagi 4 orang, 2 pria dan 2 wanita ke pos Tumpang dengan membawa sepeda motor. Mereka mahasiswa ITN. Saya tak sempat berkenalan.

Jam 11 malam, kami bersembilan berangkat ke Ranu Pani. Ongkos Jeep nya per orang Rp70.000 dan sampai di Ranu Pani jam 1 malam.

Sabtu, 6 Desember 2014. Tumpang – Ranu Pani – Ranu Kumbolo

Jalur ke Ranu Pani di luar perkiraan saya. Saya kira jalan menuju Ranu Pani seperti Cisurupan – Camp David sebelum diaspal. Jalanan relatif mulus, berkelok-kelok tetapi banyak jurang di sisinya.Sayang waktu itu tengah malam jadi saya hanya bisa melihat lembah gunung Bromo yang indah itu. Di Ranu Pani saya tidur di dalam mushola yang sebenarnya tak boleh tidur disitu hanya saja kami semua tak melihat tulisan larangan tidur di mushola.

Saya bangun sekitar jam 5 pagi. Hari sudah mulai terang, udara lumayan dingin. Saya buat kopi dan hisap roko sebatang. Setelah pos pendaftaran buka, kami berlima mengurus Simaksi untuk 3 hari. Biaya Simaksi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada hari kerja Rp17.500/hari, sedangkan untuk hari libur Rp22.500/hari. Sehingga total yang saya bayar saat itu Rp52.500 karena saya berencana turun pada hari Senin.

Kami berlima sarapan terlebih dahulu. Jam 8 lewat, kami mulai hikingnya. Trek awal masih aspal karena masih jalan desa. Setelah gerbang “Selamat Datang”, trek berbelok ke kiri. Ada tanjakan panjang yang bisa jadi tempat pemanasan. Saya sempat kaget, tanjakan yang ‘menantang’ hanya di awal saja. Setelah itu treknya landai (bahkan bisa dibilang datar). Jalan setapak dibuat dengan paving block. Setengah jam kemudian, kami sampai di papan bertuliskan Landengan Dowo. Foto – foto sebentar, lanjut jalan hingga sampai di pos 1. Ada dua bapak-bapak penjual gorengan dan semangka di pos itu. Harganya Rp5.000 per dua buah. Per item (gorengan maupun semangkanya) harganya Rp2.500. Lumayan mahal memang. Tapi di ketinggian dan di hutan seperti ini, memang tak ada pilihan kalau anda memang ingin makan semangka. Kata bapak penjual semangka itu, Ranu Kumbolo masih 3 jam lagi. Berarti masih jauh.

Landengan Dowo

Pos 2 tak jauh dari Pos 1. Mungkin sekitar setengah jam. Di pos 2 juga ada pedagang. Setelah pos 2, kami melewati papan bertuliskan Watu Rejeng. Entah artinya apa. Tetapi di sini pemandangannya bagus. Ada tebing batu vertikal di kejauhan. Hutannya juga lebih lebat jika dibandingkan dengan hutan dari Ranu Pani ke Pos 2 yang didominasi oleh semak-semak. Setelah papan itu, kami sampai di Pos 3. Disini hari mulai hujan. Mungkin setengah jam kita semua berteduh di Pos 3.

Watu Rejeng

Saya sendiri malas mengeluarkan ponco sehingga hanya menggunakan jaket waterproof saja. Menurut saya saat itu hujannya adalah hujan karena kabut sehingga kadang hujan kadang berhenti. Begitulah cuacanya hingga kami sampai di Ranu Kumbolo pukul setengah 2 siang. Saat itu hari benar-benar mendung. Ketika baru sampai, hujan “betulan” turun disertai petir. Alhasil target saya untuk naik sampai Kalimati hari itu terpaksa dibatalkan.

Ranu Kumbolo hujan gerimis
Hujan deras
Hujan

Kami berlima membuat tenda di shelter Ranu Kumbolo, lalu menggotong tenda itu ke pinggiran danau. Ternyata cara ini diikuti oleh pendaki lainnya. Mendirikan tenda ditengah hujan itu merepotkan, apalagi jika tenda yang anda miliki adalah tenda yang dirakit innernya terlebih dahulu.

Itten hari pertama jelas diluar target karena yang tadinya berencana camp di Kalimati kini menjadi camp di Ranu Kumbolo. Agar dapat tetap ke Mahameru dan pulang hari Senin berikut skenario waktu itu terpikirkan oleh saya :

1. Mendaki ke Mahameru hari Minggu dengan cara camp terlebih dahulu di Kalimati. Hal ini berarti pada hari Senin, saya harus turun dari Kalimati ke Ranu Pani untuk mengejar pesawat Senin jam 11 malam.
  2. Mendaki ke Mahameru hari Sabtu dini hari dari Ranu Kumbolo. Sehingga pada hari Minggu, saya tak perlu ke Kalimati dan tetap camp di Ranu Kumbolo
  3. Tidak ke Mahameru sama sekali. Ini skenario terburuk. Tentu akan banyak penyesalan nanti

Melihat pilihan di atas, saya baru sadar bahwa pendakian ke Mahameru yang normal adalah 4 hari 3 malam dengan dua malam camp di Ranu Kumbolo saat pergi dan pulang, serta satu malam camp di Kalimati sebelum summit attack. Jika saya memilih opsi 2 (di mana hal tsb adalah rencana empat teman baru saya juga), perjalanan turun saya akan semakin jauh dan waktu tempuhnya juga semakin lama. Hal ini akan berakibat ke kemungkinan tertinggal pesawat cukup besar. Opsi 3, maaf saya tak datang ke TNBTS untuk sekedar camp di Ranu Kumbolo. Oleh karena itu akhirnya saya memilih opsi 1. Menurut info dari seorang porter jika ingin summit attack dari Ranu Kumbolo, maksimal berangkat pukul 11 malam. Okelah, saat itu saya setel alarm pukul 11 malam.

Hujan turun hingga malam hari. Saya pun masak mie rebus di dalam tenda dan mencoba tidur dan berharap jam 11 malam nanti cuaca cerah. Akhirnya alarm berbunyi pukul 11 malam. Saya masih ogah-ogahan bangun dan swipe layar untuk snooze the alarm. Akhirnya benar-benar bangun jam setengah 12 malam. Telat 30 menit. Segera saya keluar tenda, udara malam memang dingin tetapi cuaca sangat cerah. Bahkan bulan bersinar dengan terang (saat itu sedang bulan purnama). Dengan semangat, saya ambil daypack dengan memasukkan sebuah jaket, air minum 900ml, kompor, roti, mini trangia, mie rebus, biskuit, dan cemilan lainnya.

Ranu Kumbolo dan Bulan Purnama

Saya lihat keluar, tidak terlihat satupun pendaki dari Ranu Kumbolo yang ingin summit. Berarti saya akan jalan malam sendirian ke Mahameru. Okay, ini pengalaman pertama saya jalan malam sendirian di gunung.

Berbekal OruxMaps dan pita merah putih serta secuil percaya diri, saya mulai summit ke Mahameru solo. Target awal adalah saya jalan sampai Kalimati, lalu dari sana mencari orang yang juga ingin naik ke Mahameru.

Trek pertama adalah Tanjakan Cinta. Saya anggap pemanasan. Setelah Tanjakan Cinta, melewati Oro-oro Ombo. Di sinilah batin saya mulai “berkelahi” karena saat mulai melipir menuruni bukit ke Oro-oro Ombo, ada suara hati yang mengatakan “Udah Ga, balik aja lagi ke Ranu Kumbolo lalu tidur di tenda, lebih aman dan nyaman“. Sekarang atau tidak sama sekali, akhirnya saya lanjut jalan.

Sebenarnya malam itu tidak terlalu gelap karena sedang bulan purnama. Saya bisa melihat lebih jauh walau tanpa headlamp (walaupun saat itu saya memakai senter tangan plus headlamp). Tak sampai 20 menit, saya sampai di Cemoro Kandang. Setelah lewat papan Cemoro Kandang, trek mulai menanjak untuk menaiki bukit Jambangan. Tetapi tanjakannya masih landai. Hutan di antara pos Cemoro Kandang – Jambangan sepertinya baru-baru ini pernah kebakaran. Bayangkan saja sebuah hutan pinus dengan formasi pohon yang jarang-jarang. Itulah yang saya lewati malah itu. Suasana hening sekali sampai saya bisa mendengar detak jantung saya sendiri. Sesekali angin bertiup dan suara gesekannya dengan pohon pinus cukup bikin saya merinding.

Setelah Pos Jambangan, mulai masuk hutan terbuka lagi seperti Oro-oro Ombo. Sesekali melewati “terowongan” dan juga sesekali saya mencium bau tidak enak. Saya tak mau berpikiran aneh-aneh saat itu, mungkin itu sampah yang ditinggalkan oleh para pendaki lalu membusuk. Ketika dekat dengan Kalimati, saya kaget ada suara kresek di samping kiri saya, ternyata seekor burung terbang yang mungkin kaget dengan kehadiran saya.

Minggu 7 Desember 2014, Kalimati – Mahameru – Ranu Kumbolo

Jam setengah 2 malam saya sampai di pos Kalimati. Saya cari bangunan kecil yang biasa ada di catper-catper Semeru. Rupanya di sekitar bangunan tersebut, sudah ada beberapa tenda. Mungkin sekitar 6 atau 7 tenda. Tapi semuanya sepi dan hening. Saya juga lihat kerlap-kerlip lampu sedang jalan ke Mahameru. Mungkin mereka para pendaki yang camp di Kalimati. Berarti mereka sudah berangkat duluan dan saya telat sampai Kalimati.

Saya istirahat sebentar, ambil minum, lalu lanjut berangkat ke Mahameru. Awalnya agak sulit dan bingung mencari jalan yang benar. Tetapi saya telusuri semak-semak mulai dari sekitar tenda para pendaki lalu ke arah kanannya, saya temukan papan petunjuk menuju puncak Semeru. Trek awal berupa semak-semak dan hutan pinus dan menanjak terus. Tanjakannya mirip dengan gunung Cikuray atau Ceremai. Tak sampai satu jam, saya sampai di Kelik, yaitu merupakan batas vegetasi terakhir sebelum ke Mahameru.

Di sini ada patokan berupa pohon pinus besar yang ada bendera merah putihnya. Saya ingat persis ketika turun dan ini sangat membantu karena setelah batas itu, kita bisa bebas lewat ke mana saja untuk pulang-pergi ke Mahameru lewat jalur pasirnya. Dulu ada yang disebut Cemoro Tunggal, yaitu pohon cemara yang berdiri sendirian di jalur pasir Mahameru yang dijadikan patokan para pendaki ketika naik dan turun agar tak menuju ke Blank 75

Salah satu view ketika naik ke Mahameru
Salah satu view ketika naik ke Mahameru, sekitar pukul 5 pagi

Akhirnya setelah agak susah payah naik-merosot-naik-merosot-naik-merosot-istirahat-naik-merosot dan seterusnya, jam 6.25 pagi saya sampai di Mahameru. Entah reflek atau bagaimana, saya cium bendera merah putih yang ada di sana. Di Mahameru cuma ada 3 orang, saya sendiri dan dua orang pendaki yang berasal dari Malang. Sisanya sekitar 7-8 orang yang camp di Kalimati sudah turun terlebih dahulu. Di atas sana awalnya sedikit berkabut. Kawah Jonggring Saloko masih saja mengeluarkan asapnya dan sesekali terdengar bunyi ledakan. Agak seram juga. Saya takut kalau ada batu-batu vulkanik mengarah ke tempat saya berdiri.

Merah Putih di Mahameru

Beruntung ada dua orang lainnya jadi saya bisa minta tolong untuk difoto hehe. Begitu juga mereka berdua, bisa saya foto. Bergantian saling foto-foto, kira-kira jam 7 pagi, kami bertiga langsung turun.

Pose “wajib” saya, Live Long and Prosper
Sebenarnya ini sedikit cemas dengan ledakannya
Mahameru, seperti di planet lain

Perjalanan turun jauh lebih seru ketimbang naik. Jika saat naik saya harus naik-merosot-naik-merosot lagi, ketika turun pun begitu, turun-merosot-turun-merosot sehingga perjalanan menjadi lebih cepat. Sampai di Kelik hanya setengah jam saja (bandingkan ketika saya naik dari Kelik ke Mahameru, butuh 2 jam lebih!).

Salah satu tempat di perbatasan vegetasi

Saya izin ke dua orang tersebut untuk turun duluan (karena tujuan saya kembali ke Ranu Kumbolo sedangkan mereka ke Kalimati). Saya tak ingin terjebak panas terik siang hari di sekitar Oro-oro Ombo! Sampai di Kalimati sekitar setengah 9 pagi.

Mahameru (maaf sedikit over exposure)
Kalimati dan langit birunya

Di Kalimati saya istirahat sebentar, mengambil foto Mahameru. Saat itu cuaca cerah sekali, langit berwarna biru seperti wallpaper Windows XP “Bliss” itu. Air yang saya bawa tinggal sedikit. Jadi saya harus jalan terus menuju Ranu Kumbolo sebelum saya kehausan. Kalimati – Jambangan treknya lumayan datar, jadi saya bisa sedikit jalan-cepat. Suara burung-burung merdu sekali. Jalan sendirian di tengah hutan memang sangat menyenangkan!

Jambangan

Perjalanan Jambangan – Cemoro Kandang sesekali melewati tanjakan. Akhirnya saya bisa lihat hutan pinus yang malamnya saya anggap sedikit seram itu di pagi menjelang siang. Benar, sepertinya hutan pinus ini pernah terbakar kurang lebih sebulan atau dua bulan yang lalu. Banyak pohon pinus yang roboh.

Oro - Oro Ombo dari Cemoro Kandang
Oro – Oro Ombo dari Cemoro Kandang

Sesampainya di Cemoro Kandang, saya istirahat sebentar, menghabiskan air minum yang tersisa karena Ranu Kumbolo sudah dekat. Saat itu sudah jam 10 lebih dan matahari sudah mulai terik memancarkan panasnya. Kata Masdan, di Cemoro Kandang ini biasanya ada juga penjual semangka tetapi saat itu tidak ada orang sama sekali.

Saya lanjutkan perjalanan melewati Oro-Oro Ombo, rupanya jalur di tengah padang “lavender” yang mengering ini bercabang dua. Satu ke kiri satu lagi ke kanan tetapi menuju arah yang sama yaitu Ranu Kumbolo. Perbedaannya adalah jalur ke kiri nantinya langsung menanjak dan jalur kanan melipir melintasi sisi bukit tetapi lebih landai. Saya pilih jalur kanan karena masih banyak pepohonan di bukit yang akan dilewati nanti. Saya tak mau mengulang kejadian gosongnya kulit kedua tangan saya karena berpanas-panasan di gunung Sumbing dua minggu yang lalu.

Ranu Kumbolo, Minggu pagi

Pukul setengah 11 saya sampai di Ranu Kumbolo. Saat itu banyak pendaki sedang packing. Entah ada yang turun, atau ada yang melanjutkan naik ke Kalimati. 4 orang teman baru saya melanjutkan perjalanan ke Kalimati. Saya akan menghabiskan waktu seharian di Ranu Kumbolo saja. Salah satu dari mereka menitipkan satu tasnya agar perjalanan lebih ringan dan cepat. Karena pesawat saya jam 11 malam, jadi masih sempat jika turun dari Ranu Kumbolo jam 12 siang. Mereka bilang akan sampai di Ranu Kumbolo sebelum jam 12 siang. Jika lewat dari itu, mereka bilang tasnya dititipkan saja.

Saya menghabiskan sore dengan tidur di dalam tenda. Kira-kira jam 7 malam, saya terbangun karena suara berisik dari shelter. Setelah saya cek, ternyata ada rombongan ABG Australia, sekitar 8-9 orang yang rupanya sedang bermain apa itu saya tidak tahu. Mereka baru naik dari Ranu Pani siang hari tadi, dengan tujuan Mahameru tetapi dengan jumlah hari “normal” yaitu 4 hari. Begitu kata guide mereka.

Senin 8 Desember 2014, Ranu Kumbolo – Ranu Pani – Malang – Surabaya

Saya bangun pukul 5 pagi (di mana hari sudah terang), sarapan, ngeroko  lagi. Jam 8 pagi saya packing dan beberes tenda. Baju yang basah mulai dijemur. Saya habiskan pagi dengan beres-beres tenda dan packing. Sejak jam 10 saya menunggu 4 teman baru saya yang katanya mau ke Mahameru lalu turun dari Kalimati. Saat saya packing, saya cek kembali print out tiket pesawat untuk pulang, ternyata saya salah baca, pesawat berangkat bukan jam 11 malam tetapi jam 10, lebih awal satu jam dari yang saya duga. Belum lagi ada aturan 45 menit sebelum keberangkatan adalah batas terakhir check-in dan bagasi. Untuk amannya, jam 9 malam saya harus sudah sampai di bandara Juanda Surabaya.

Saya tetap menunggu 4 orang yang akan turun dari Kalimati. Saya pikir-pikir agak sulit juga. Saya sendiri jalan sendirian tanpa membawa keril, sampai di Ranu Kumbolo jam setengah 11. Apalagi mereka yang jalan berempat, dengan tiga orang membawa keril. Belum lagi ditambah packing ketika di Kalimati. Akhirnya saya tunggu sampai jam 11 mereka belum juga datang. Tas saya titipkan ke satu tenda rombongan 4 orang dari Malang yang hari Sabtu lalu satu jeep dengan mereka. 4 Orang tersebut ternyata akan turun besok hari dan masih menghabiskan satu hari di Ranu Kumbolo (berarti mereka camp di Ranu Kumbolo 3 malam!). Beruntung mereka mengenal 4 orang yang saya maksud dan mau dititipkan tasnya.

Ranu Kumbolo senin pagi yang sudah sepi, hanya ada satu tenda di sana

Jam 11 pagi tepat saya mulai turun. Target saya turun ke Ranu Pani 3 jam dengan jalan cepat. Di tengah jalan, saya bertemu rombongan 6 orang yang berasal dari Malang. Pada awalnya saya jalan bersama mereka. Hanya saja mereka jalan terlalu santai, jadi saya jalan duluan. 2 orang dari mereka rupanya bisa “mengikuti” saya. Saya hanya berhenti di Pos 3 dan Pos 1 untuk makan semangka. Jam 2 siang saya sudah sampai di Ranu Pani.

Di Ranu Pani sudah ada 7 pendaki yang sedang menunggu transportasi menuju Tumpang. Ditambah saya dan dua orang, menjadi 10 orang. Pemilik truk ingin menunggu 4 orang yang di belakang (teman si dua orang ini) baru berangkat. Okelah, mungkin 4 orang tersebut tak terlalu jauh.

Jam 3 sore, ada dua orang turun tetapi bukan dari 4 orang yang dimaksud

Jam 4 sore, mereka belum sampai

Jam 5 sore, mereka juga belum sampai

Sepertinya saya salah perkiraan, kalau tahu bakal begitu, saya sudah naik ojek dari jam 2 lalu. Tak mau lagi berspekulasi, saya naik ojek. Saat itu perjanjiannya Rp150.000,- Mahal memang, tetapi masih lebih baik ketimbang saya harus ketinggalan pesawat hanya karena menunggu 4 orang tersebut.

Di tengah jalan, ojek yang saya tumpangi mogok. Posisi mogoknya menjelang desa Ngadas. Masih jauh. Motor tak bisa menyala. Mas yang punya motor akhirnya menyerah, dia minta tolong ke remaja yang kebetulan ada di sana. Remaja itu ada 4 orang, dua motor. Anak kota Malang dan kebetulan mau pulang. Saat itu sudah jam setengah 6 lewat. Sudah mogok, mas yang punya motor tetap menagih saya Rp100.000 pula. Hadeuh. Dengan sangat tak ikhlas saya beri saja Rp100.000 yang dia mau itu

Perjalanan saya dilanjut dengan bonceng bertiga bersama remaja2 tersebut. Tas dibawa oleh 2 orang lainnya. Kalau teman-teman biasa melihat ABG ngebut2 bonceng bertiga tanpa helm di jalan-jalan, seperti itulah saya kemarin. Yang menyetir motor yang saya tumpangi namanya Ariq. Sampai saat ini saya masih saling Whatsapp dengan dia. Ariq berhasil mengantar saya ke terminal bis Arjosari dan sampai jam 7 malam. Terima kasih mas! Tak lupa saya berikan “uang bensin” ke mas Ariq.

Mulai saat ini saya tak akan lagi nyinyir ke ABG ngebut2 di jalan tersebut. Merekalah yang membantu saya hehe

Di luar perkiraan, ternyata Malang – Surabaya dapat ditempuh satu jam setengah saja. Perkiraan saya terburuk saya sih Malang – Surabaya tiga jam. Ternyata ada jalan baru menjelang Porong sehingga tak perlu melewati lokasi lumpur Lapindo yang biasanya macet itu. Jam setengah 9 saya sampai di pangkalan taksi Blue Bird di dekat terminal Bungurasih. Jam 9 saya sampai di bandara Juanda. Persis sesuai dengan rencana!

Pesawat take off jam 10.20, sampai di Soekarno – Hatta setengah 12 lebih dan jam 1 saya sampai di kosan. Selasa pagi, saya sudah masuk kerja kembali.

Penutup

Mendaki gunung solo memang tidak disarankan. Paling ideal adalah 3 sampai maksimal 5 orang. Tetapi mendaki solo menurut saya punya feel yang berbeda di mana keputusan dan akibatnya adalah dari dan untuk anda sendiri. Perlu perencanaan yang matang.

Saya akui, ketika berjalan malam sendirian itu saya sangat beruntung tidak bertemu binatang buas. Saya dengar-dengar masih ada hewan buas di Semeru. Kalau makhluk halus, saya tak pikirkan itu. Setan akan datang kalau anda terlalu banyak baca cerita setan sehingga otak akan menggambarkan setan yang dimaksud. Halusinasi juga akan datang kalau anda dehidrasi atau kelelahan. Tetap fokus! Itulah kuncinya. Tak ada seekor pun setan yang muncul di depan saya waktu itu. Ini yang saya pelajari dari catatan perjalan Gie ketika mendaki gunung Slamet

Selain hal di atas, mendaki solo perlu persiapan uang lebih. Karena nantinya ada kemungkinan dihadapkan dengan kondisi terdesak dan perlu biaya lebih untuk itu. Contohnya ketika memilih naik ojek untuk mengejar pesawat. Perhatikan juga jumlah uang yang dibawa dan lokasi ATM terdekat.

Mengenai perlengkapan, saya sendiri jujur masih kurang membawa obat-obatan. Perlu tas yang sedikit lebih besar dari yang saya punya agar muat membawa obat-obatan yang memadai. Tas yang saya bawa berukuran 40 liter yang masih bisa di-extend sampai 50 liter. Itu sudah sesak dengan tenda, air minum, makanan untuk 3 hari 2 malam, dan perlengkapan lainnya. Berikut list gear yang saya bawa :

• Gear : Backpack 40+10 liter, foldable bag 12 liter untuk summit, mini trangia tanpa burner, kompor gas, 1 tabung hicook, sandal, sepatu, 2 jaket, pisau lipat, matras alumunium, tenda summertime 2p, sleeping bag, sleeping pad, kaos kaki 3 pcs, sarung tangan 2 pcs, baju ganti 3 pcs, celana ganti 1 pcs, ponco, senter dan headlamp, raincover, baterai cadangan, botol minum, handuk.
  • Logistik : 3 bungkus Indomie, 2 bungkus spaghetti instan, 2 buah roti sobek, 10 sachet kopi, 3 sachet energen, 2 botol Aqua 1.5 liter, tisu basah, tisu kering, dan cemilan seperti biskuit, choki-choki, tolak angin, dll.

Untuk total budget untuk transport, kasarnya sih seperti ini

• Tiket pesawat PP, Jakarta – Malang, Surabaya – Jakarta : sekitar 1.2 juta
  • Jeep Ranu Pani : Rp70.000 (satu jeep hanya 9 orang, kalau lebih banyak bisa lebih murah)
  • Taksi Abdurrahman Saleh – Tumpang : Rp100.000
  • Biaya simaksi 3 hari 2 malam : Rp57.500
  • Ojek pulang : Rp150.000
  • Bis Malang – Surabaya : Rp25.000
  • Taksi Bungurasih ke Juanda : kira-kira Rp60.000, saya lupa persisnya
  • Airport tax : Rp75.000 (kok mahal ya) di Juanda

———

Mahameru (Dewa 19 – Format Masa Depan)

Mendaki melintas bukit
Berjalan letih menahan menahan berat beban

Bertahan didalam dingin
Berselimut kabut `Ranu Kumbolo`

Menatap jalan setapak
Bertanya-tanya sampai kapankah berakhir

Mereguk nikmat coklat susu
Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda