Soal Matematika Primary 5 Singapura (Versi bertele-tele)

math1eSore tadi saya membaca sebuah tautan yang berisi soal Matematika level primary 5 siswa Singapura (mungkin kalau di Indonesia setara kelas 5 SD). Jujur soal seperti ini berhasil membuat dahi saya berkerut. Betapa efektifnya komunikasi antara Albert yang hanya mengetahui bulan, dan Bernard yang hanya mengetahui hari dari ulang tahun Cheryl.

1. Albert mengatakan bahwa dia tidak tahu persisnya tanggal berapa Cheryl berulang tahun, tapi dia tahu kalau Bernard juga tidak akan tahu tanggalnya yang mana

Pada poin ini, Albert yang sudah tahu bulan dari hari ulang tahun memberi pesan bahwa bulan yang ia ketahui mempunyai tanggal yang tidak unik. Karena jika tanggal tersebut unik, Bernard tentu akan langsung tahu tanggal dan bulan berapa. Dengan demikian, bulan-bulan yang terdapat tanggal unik otomatis akan tercoret, yaitu bulan Mei dan Juni karena pada daftar bulan Mei terdapat tanggal 19 dan bulan Juni terdapat tanggal 18 di mana tanggal tersebut tidak ada di bulan lainnya.

2. Bernard mengatakan bahwa pada awalnya dia tak tahu kapan Cheryl berulang tahun, dan sekarang dia tahu kapan

Pada poin ini (setelah Mei dan Juni keluar dari list), Bernard yang hanya mengetahui tanggalnya saja, memberi pesan bahwa ia sudah tahu tanggal adalah ulang tahun Cheryl. Berarti hari dengan tanggal yang sama July 14 dan August 14 akan tereleminasi karena jika tanggal ulang tahun Cheryl yang sebenarnya adalah salah satu dari July 14 atau August 14, Bernard tentu tidak akan tahu. Kini pilihannya hanya tinggal 3 yaitu : July 16, August 15, dan August 17.

3. Albert kini sudah tahu tanggal berapa Cheryl berulang tahun

Albert yang hanya mengetahui bulannya saja, dengan 3 pilihan yang tersisa ini, sudah tahu tanggal berapa persisnya Cheryl berulang tahun. Jika Cheryl lahir pada August, tentu Albert tak akan tahu tanggal berapa yang benar. Oleh karena itu, Cheryl haruslah berulang tahun pada July 16

Seriously ini untuk anak SD?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s