Ulang Tahun Cheryl 2.0

Setelah beberapa hari yang lalu membuat post tentang soal primary 5 olimpiade level SMP yang berisi pertanyaan ulang tahun Cheryl, saya menemukan kembali soal dengan tipe serupa dan lagi-lagi tokoh utamanya Cheryl, Albert, dan Bernard. Namun kini ada orang keempat yaitu David. Berikut soal yang dimaksud

20150416012750Jika dilihat sekilas, soal kali ini lebih rumit karena pilihan tanggal ulang tahun yang diberikan oleh Cheryl semakin banyak. Walaupun pilihannya lebih banyak, secara alur logika, masih dapat dikerjakan dengan cara sebelumnya. Yang menarik adalah kini ada orang keempat bernama David yang membuat soal ini sedikit lebih rumit dari sebelumnya.

David diberikan satu set bulan dan tanggal dari Cheryl yang bulan dan tanggalnya berbeda dengan bulan dan tanggal ulang tahun Cheryl yang tidak diketahui.

Prosesnya seperti ini :

1. Albert (yang hanya tahu bulannya saja) mengatakan bahwa dia tak tahu tanggal ulang tahun Cheryl. Dia juga yakin bahwa Bernard pun juga tidak tahu

Sama seperti soal sebelumnya. Jika Albert mengatakan bahwa dia dan Bernard tidak tahu, maka bulan dari hari ulang tahun Cheryl bukan pada tanggal yang identik di bulan tertentu (tanggal yang tidak ada di bulan lainnya) sehingga May 15, May 16, May 19, Jun 17, Jun 18, Jun 20, Jun 22 pasti bukan hari ulang tahun Cheryl.

2. Bernard (yang hanya tahu tanggalnya saja) mengatakan bahwa dia tak tahu tanggal ulang tahun Cheryl meskipun setelah Albert berkata sesuatu pada poin (1)

Tanggal yang tersisa :

Jul 15, Jul 16

Aug 14, Aug 20, Aug 22

Sep 14, Sep 16, Sep 17, Sep 20

Bernard tetap tidak tahu hari ulang tahun Cheryl. Berarti tidak mungkin tanggal dari hari ulang tahun Cheryl adalah tanggal yang identik (setelah proses nomor 1). Jika tanggal ulang tahun Cheryl adalah tanggal yg identik, maka Bernard akan langsung tahu. Jadi tanggal Jul 15, Aug 22, dan Sep 17 pasti bukan hari ulang tahun Cheryl.

3. Albert tetap belum mengetahui kapan ulang tahun Cheryl. Dia juga yakin bahwa David tak tahu

Tanggal yang tersisa :

Jul 16

Aug 14, Aug 20

Sep 14, Sep 16, Sep 20

Albert tetap belum tahu kapan hari ulang tahun Cheryl. Berarti Jul 16 pasti bukan hari ulang tahun Cheryl karena Albert yang hanya tahu bulannya saja, pasti akan langsung mengetahui hari ulang tahun Cheryl jika benar Jul 16. Kemungkinan yang tersisa adalah bulan Agustus dan September. Ada clue bahwa David tak tahu tanggal ulang tahun Cheryl. Perlu diingat bahwa David diberitahu tanggal dan bulan yang sama sekali berbeda dengan hari ulang tahun Cheryl.

4. David mengatakan bahwa dia tak tahu tanggal ulang tahun Cheryl sesaat sebelum Albert mengatakan kalimat terakhir pada poin (3). Tetapi kini, David tahu bulannya apa

Tanggal yang tersisa :

Aug 14, Aug 20

Sep 14, Sep 16, Sep 20

Jika David tahu bulannya (tanggal yang diberi tahu Cheryl) apa, maka bulan dengan tanggal yang sama pastilah bukan hari ulang tahun Cheryl. Jadi Aug 14 dan Sep 14 bukanlah hari ulang tahun Cheryl.

5. Bernard juga mengaku tidak tahu tanggal ulang tahun Cheryl sesaat sebelum Albert mengatakan poin (3). Kini Bernard tahu hari ulang tahun Cheryl

Tanggal yang tersisa :

Aug 20

Sep 16, Sep 20

Bernard yang hanya mengetahui tanggalnya saja mengaku sudah tahu hari ulang tahun Cheryl. Dengan demikian, Sep 16 adalah hari ulang Cheryl karena jika tanggal yg diketahui Bernard adalah tanggal 20, dia tidak akan tahu apakah hari ulang tahun Cheryl Aug 20 atau Sep 20.

6. David tahu tanggal ulang tahun Cheryl

 Ingat bahwa David diberitahu bulan dan tanggal yg keduanya berbeda dengan hari ulang tahun Cheryl. Aug 20 dan Sep 20 adalah tanggal yang sama sehingga David tahu hari ulang tahun Cheryl adalah Sep 16

7. Albert kini tahu tanggal ulang tahun Cheryl.

 Alasan yang sama pada poin ke-5

Ulang tahun Cheryl Sep 16. Berarti tanggal dan bulan yang diberi tahu ke David haruslah Aug 20.

Beberapa teman saya mengatakan bahwa tanggal dan bulan yang diberitahu ke David kemungkinan Aug 20 atau Aug 14. Saya juga curiga bahwa pada poin ke-4, David langsung mengetahui bulan dari ulang tahun Cheryl. Hal ini tidak berarti membuang Aug 14 dari salah satu dari kemungkinan tanggal yang diberi tahu oleh Chery kepada David.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s