What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions

21413662
 
Kapan (jika mungkin terjadi) jumlah profil Facebook dari orang yang meninggal akan lebih banyak daripada jumlah profil Facebook dari orang yang masih hidup?
 
Jika setiap orang yang ada di Bumi mengarahkan laser pointer ke Bulan pada waktu yang bersamaan, apakah Bulan akan berubah warna?
dan banyak pertanyaan lainnya
 

Kalau anda penggemar komik XKCD, tentu buku ini harus masuk must read. Buku ini ditulis oleh Randall Munroe seorang rocket engineer di NASA komikus. Buku ini berisi berbagai pertanyaan yang tidak masuk akal tetapi Randall akan mencoba menjawabnya dengan masuk akal. Di beberapa pertanyaan yang saking tidak masuk akalnya, Randall bahkan berbaik hati untuk “meluruskan” pertanyaan tersebut dengan menambahkan berbagai asumsi agar dia dapat menjawabnya dengan masuk akal.

Buku disusun dengan format tanya-jawab dan tentunya sebagai rocket engineer di NASA komikus, beberapa jawaban akan dilengkapi dengan ilustrasi human stick ala XKCD. Selain itu ada juga rubrik Weird (and Worrying) Questions from the What If di mana Randall hanya memberikan reaksi atas pertanyaan yang weird dan worrying tadi.

 
Apakah mungkin kita menangis sampai kita mengalami dehidrasi” – Karl Wildermuth
 
Randall: “Hi Karl, apakah kamu baik-baik saja?
 

Buku juga dilengkapi dengan literatur pendukung yang digunakan oleh Randall untuk menjawab pertanyaan tersebut (if you have some time and curious enough).

Menurut saya, buku ini adalah buku yang baik untuk belajar problem solving di mana kita perlu memecah pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang lebih kecil, menyelesaikannya secara terstruktur dan koheren. Ibaratnya, buku ini versi lebih hardcore dari Problem Solving 101 karya Ken Watanabe karena masalah yang diberikan jauh lebih absurd daripada masalah yang disajikan di Problem Solving 101.

Jika anda penggemar dan praktisi guesstimate (–kegiatan melakukan estimasi dengan menggunakan fakta yang cukup), buku ini dapat melatih skill anda.

 
Judul: What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions
ISBN: 0544272994
Bahasa: Inggris
Penerbit: Houghton Mifflin Harcourt, 2014.

Satu pemikiran pada “What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s